Kamis 23 Nov 2023 09:52 WIB

Jokowi: Sail Teluk Cendrawasih Tarik Minat Investor ke Papua

Teluk Cendrawasih merupakan kawasan dengan ekosistem laut terkaya di Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Fuji Pratiwi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka sekaligus meresmikan Papua Street Carnival di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/7/2023).
Foto: Laily Rachev /Biro Pers Sekretar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka sekaligus meresmikan Papua Street Carnival di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri puncak acara Sail Teluk Cendrawasih di Biak Numfor, Papua, Kamis (23/11/2023). Jokowi mengatakan, acara yang memperkenalkan potensi bahari, maritim, pariwisata, dan potensi sosial budaya ini bisa mendorong minat investor untuk memajukan Tanah Papua.

"Ini akan mendorong jumlah wisatawan, akan mendorong event creator, akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan Tanah Papua," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Jokowi mengatakan, dua pertiga wilayah Indonesia berupa wilayah perairan. Karena itu, ia mengaku senang bisa menghadiri acara Sail Teluk Cendrawasih ini.

Menurut Presiden, Papua memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Sedangkan Teluk Cendrawasih merupakan kawasan dengan ekosistem laut terkaya di Indonesia.

"Surganya terumbu karang, surganya biota laut dan kita harapkan dengan adanya Saiil Teluk Cendrawasih budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global," ujar Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar penyelenggaraan kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan kreativitas serta inovasinya. Ia juga mendorong keterlibatan masyarakat setempat dan juga para pelaku UMKM.

"Sehingga masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya dari tindak lanjut setelah event ini berakhir," ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement