Sabtu 18 Nov 2023 12:05 WIB

Reaktivasi Rute Penerbangan Baru AP I Melonjak 153 Persen

Hal ini mendukung peningkatan trafik penumpang dan pesawat di bandara AP I.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
 Wisatawan yang tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai berfoto di depan logo Bali, di Kuta, pulau Bali, Kamis (5/1/2023).
Foto: EPA-EFE/MADE NAGI
Wisatawan yang tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai berfoto di depan logo Bali, di Kuta, pulau Bali, Kamis (5/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) I mencatat telah melayani 451 reaktivasi dan pembukaan rute penerbangan baru selama periode Januari hingga Oktober 2023.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, jumlah tersebut melonjak 153 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022 yang hanya melayani 178 reaktivasi dan pembukaan rute baru. "Selama periode Januari-Oktober 2023, bandara-bandara AP I melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru dengan jumlah yang sangat signifikan," kata Faik dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, dari keseluruhan rute pada periode Januari hingga Oktober 2023 tersebut, terbagi atas 323 reaktivasi rute domestik dan 84 rute internasional. Selain itu juga 28 pembukaan rute baru domestik dan 16 rute baru internasional.

"Hal ini yang kemudian mendukung peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat di bandara-bandara kami. Tentunya ini menjadi hal yang positif bagi kinerja operasional perusahaan di tahun 2023," ujar Faik.

AP I mencatat triwulan pertama 2023 sebagai periode dengan jumlah reaktivasi rute dan pembukaan rute terbanyak yakni dengan 320 reaktivasi rute domestik dan 83 rute internasional. Selain itu juga tiga pembukaan rute baru domestik dan 10 rute baru internasional.

Memasuki kuartal kedua 2023, Faik mengungkapkan AP I mencatat terdapat sebanyak satu reaktivasi rute domestik. Selain itu juga 11 pembukaan rute baru domestik dan dua rute baru internasional.

Untuk kuartal III 2023, terdapat sebanyak dua reaktivasi rute domestik dan satu rute internasional, serta 14 pembukaan rute baru domestik, dan empat rute baru internasional. Sedangkan untuk Oktober, tidak terdapat reaktivasi dan pembukaan rute baru di bandara-bandara AP I. 

Pada periode Januari-Oktober 2023, Faik menyebut tiga bandara yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru terbanyak adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 66 rute domestik dan 66 rute internasional serta Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 87 rute domestik dan emlar rute internasional. Selain itu juga Bandara Juanda Surabaya dengan 73 rute domestik dan 15 rute internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement