Kamis 16 Nov 2023 10:00 WIB

Dari Sumatra Hingga Papua, Berikut Produk Lokal dan UMKM Favorit di Shopee 11.11 Big Sale

Beberapa pulau di Indonesia memiliki tren produk paling larisnya masing-masing.

Brand lokal dan UMKM kini sedang diminati para konsumen di tanah air. (ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Brand lokal dan UMKM kini sedang diminati para konsumen di tanah air. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keseruan kampanye Shopee 11.11 Big Sale, nyatanya menunjukkan bagaimana masyarakat mencintai produk dan UMKM lokal. Ini terlihat dari tingginya antusiasme konsumen untuk memburu produk-produk dari brand lokal dan UMKM di Shopee 11.11 Big Sale.

Para penjual di berbagai pulau di Indonesia pun bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee. Maka dari itu, tak heran jika beberapa pulau di Indonesia memiliki tren produk paling larisnya masing-masing, berikut rangkumannya: 

Baca Juga

● Sebut saja pulau yang berada di paling barat Indonesia, yakni Pulau Sumatera. Ternyata di sini produk anak seperti minyak telon, popok bayi, dan kaos anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye. Hal ini memperlihatkan kebutuhan produk dari kategori Ibu dan Anak menjadi tren yang sangat dicari saat ini bagi para ibu di Sumatera.

● Berlanjut ke Pulau Jawa, sebagai pulau yang penduduknya paling besar, sepertinya tren belanja brand lokal semakin menjamur dengan kualitas produk yang tidak perlu diragukan. Terlihat pengguna banyak membeli produk perawatan wajah dan tubuh dari merek-merek lokal. Hand and body lotion dan pelembab wajah dari brand lokal menjadi incaran konsumen. Tak hanya soal perawatan kecantikan, pencarian produk smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.

 

● Berbeda dengan Pulau Bali yang sering disebut sebagai surganya destinasi wisata. Justru menuju akhir tahun sepertinya pulau ini akan menjadi tempat berlibur yang akan ramai dikunjungi. Sejalan dengan hal tersebut, produk seperti Kebaya Bali, kacamata hitam, dan sunscreen, dan menjadi produk paling ramai dicari untuk mempersiapkan dalam menyambut para turis lokal maupun luar negeri.

● Pulau Kalimantan Ternyata kondisi musim yang sedang pancaroba dari panas menuju musim hujan, produk kebutuhan seperti jas hujan, jaket pria dan wanita, serta hoodie, menjadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat pengguna sudah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.

● Selain itu, Pulau Sulawesi juga memiliki banyak keberagaman dalam kebutuhan masyarakatnya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakatnya, produk-produk rumah tangga seperti kipas angin, lampu neon, panci dan wajan menjadi yang banyak dibeli di pulau Sulawesi.

● Pulau Papua tak kalah mengejutkan dengan permintaan akan produk fashion seperti celana cargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple menjadi produk favorit masyarakat. Walau memang jauh dari ibu kota, masyarakat khususnya di pulau ini ternyata tetap up-to-date mengikuti tren yang ada, sehingga produk fesyen dan aksesoris menjadi incaran warga di sana.

photo
Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November kemarin telah menciptakan peluang baru bagi brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). - (Dok istimewa)

 

Disisi lain, kampanye 11.11 Big Sale yang telah berlangsung hingga 11 November kemarin juga telah menciptakan peluang baru bagi brand lokal dan UMKM dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih kokoh, berdaya, dan mampu bersaing dalam ekosistem perdagangan online yang kian dinamis. Merespons dengan pencapaian yang luar biasa, tercatat peningkatan transaksi hingga tujuh kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif. Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal.

Tujuannya, mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri, seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas. Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun Shopee merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan.

"Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen," kata Monica.

Tidak hanya itu, memperkuat potensi merupakan langkah lanjutan guna menciptakan bisnis yang berkesinambungan. Selain kampanye yang tengah berlangsung, dukungan berbagai program inisiatif, seperti Program Ekspor Shopee dapat menjadi salah satu strategi untuk memperluas bisnis ke pasar luar negeri.

Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee dimana tercatat peningkatan pesanan ekspor yang mencapai lebih dari empat kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale. Pengguna juga dapat menikmati berbagai penawaran terbaik hingga akhir tahun ini untuk mendapatkan pengalaman belanja yang nyaman dan menguntungkan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement