Senin 13 Nov 2023 20:36 WIB

KAI Daop 1 Inspeksi Lintas Cikarang-Cikampek Jelang Natal-Tahun Baru

Dari hasil pemeriksaan, keseluruhan jalur Cikarang hingga Cikampek dinyatakan aman.

 Kereta KRL Commuter Line tujuan Bekasi-Cikarang melintas di Stasiun Cikarang, Jawa Barat.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Kereta KRL Commuter Line tujuan Bekasi-Cikarang melintas di Stasiun Cikarang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menginspeksi lintasan dari Stasiun Cikarang sampai dengan Stasiun Cikampek, Jawa Barat menggunakan dresin dalam mempersiapkan masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pemeriksaan yang dilakukan pada Senin tersebut dipimpin oleh Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta Iwan Eka Putra dan jajaran terkait.

Baca Juga

Iwan dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/11/2023), mengatakan, pada inspeksi kali ini terdapat delapan stasiun yaitu, Cikarang, Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, dan Cikampek. Adapun, yang menjadi objek pemeriksaan, yakni kelengkapan administrasi, fasilitas stasiun, kecakapan petugas serta prasarana perjalanan KA seperti jalur rel, jembatan, wesel hingga mencari potensi bahaya di sepanjang jalur KA. Terlebih, saat ini kondisi cuaca yang sangat panas dapat mempengaruhi kondisi konstruksi material prasarana, juga kondisi petugas yang sedang bekerja di lintas.

KAI sendiri memiliki SOP sebelum petugas memulai dinas setiap harinya, sesuai masing-masing bagian di setiap wilayah kerja. Namun demikian, kerja sama atau kolaborasi antar unit harus selalu dilakukan dengan baik dan benar.

"Namun demikian, kontrol pimpinan kepada bawahan atau pengawasan melekat tetap diperlukan dalam menjamin keselamatan perjalanan KA serta mendengarkan kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana mengambil tindakan dalam mendapatkan solusi yang tepat," kata Iwan.

Pada kegiatan inspeksi itu, ia mengatakan jajaran manajemen tidak hanya fokus terhadap peralatan pendukung kerja saja, namun juga melakukan diskusi serta memberikan pembinaan dan arahan kepada petugas mulai dari tingkat kepala unit pelaksana teknis (KUPT) di lintas hingga jajaran paling bawah.

"Jajaran Manajemen KAI Daop 1 melakukan inspeksi untuk memastikan secara langsung bahwa pemeliharaan dan pengendalian risiko keselamatan di area stasiun serta lingkungannya sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai tugas pokok dan fungsi," ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan pada Senin ini, KAI Daop 1 Jakarta menyebut keseluruhan jalur mulai Stasiun Cikarang sampai dengan Stasiun Cikampek dinyatakan aman. Hal tersebut dapat dipastikan setelah peninjauan dari beberapa aspek seperti jalur rel, keamanan sekitar jalur dari potensi gangguan, potensi cikal bakal perlintasan sebidang hingga potensi gangguan dari keamanan ketertiban maupun masyarakat yang masih beraktivitas di jalur KA.

KAI Daop 1 Jakarta akan terus melakukan berbagai upaya secara maksimal dalam menjaga keselamatan dan kelancaran operasional KA. Namun, peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan di sekitar jalur KA maupun mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktifitas di jalur KA.

Secara umum, KAI Daop 1 Jakarta memastikan semua fasilitas prasarana perkeretaapian dan keselamatan perjalanan KA juga dalam kondisi baik.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement