Sabtu 11 Nov 2023 10:15 WIB

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur 2024

Truk eCenter dipastikan kayak digunakan di Indonesia.

Truk Fuso Canter dipajang saat pameran otomotif GIIAS 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023). PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors akan meluncurkan eCenter tahun 2024.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Truk Fuso Canter dipajang saat pameran otomotif GIIAS 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023). PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors akan meluncurkan eCenter tahun 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) agen pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia siap meluncurkan truk listrik eCanter tahun depan. Jadwal peluncuran tersebut sesuai dengan waktu yang ditargetkan.

Wakil Direktur Penjualan dan Pemasaran  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors  Aji Jaya menyebut peluncuran truk listrik eCanter tahun depan masih berjalan sesuai rencana. “Jadi biasa di mobil kan sebelum peluncuran, banyak hal-hal yang perlu disiapkan misalnya after sales (purnajual), paralel dengan infrastruktur,” kata Aji saat bertemu media di Jakarta, pekan ini.

Baca Juga

eCanter  tidak bising saat dikendarai dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. “Masih sesuai rencana rilis 2024 (eCanter), namun, sampai sekarang waktu pastinya kita belum bisa tentukan,” ujar Aji.

KTB sebelumnya telah melakukan uji coba Proof of Concept (PoC) menggunakan eCanter tipe 1.1 dengan sejumlah perusahaan untuk memastikan truk listrik itu layak digunakan di Indonesia. “Beberapa perusahaan yang telah mencoba eCanter, di antaranya Nestle, BLog, Pos Indonesia, hingga GoTo,” katanya.


Bahkan menurut Aji sejumlah pelanggan besar telah melakukan uji coba sampai mencapai 10 kilometer. “Kami akan meminta pengalaman mereka terkait bagaimana performanya,” kata Aji.

Fuso eCanter tampil perdana di Indonesia setelah diluncurkan di Jepang pada September tahun 2022. Di Indonesia generasi terbaru dari Mitsubishi Fuso eCanter dikenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Agustus lalu. 

Kendaraan komersial yang menggunakan daya baterai sepenuhnya itu bukan hanya bebas emisi, melainkan juga memiliki daya jelajah yang terbilang cukup jauh dengan akselerasi yang bertenaga, mudah dioperasikan, dan cocok untuk sektor logistik di area perkotaan, serta, distribusi lokal.

Next Generation eCanter hadir dengan eAxle, teknologi canggih yang hadir dengan driveline ringkas tanpa propeller shaft. Beberapa keunggulan eAxle adalah biaya perawatan yang lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit, dan akselerasi yang mulus.

Adapun Next Generation eCanter memiliki tiga pilihan ukuran baterai yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen, yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan tenaga dan jangkauan jarak berbeda dalam sekali pengisian.

Sebagai gambaran, baterai eCanter ukuran M, mampu menempuh jarak berkendara 120-150 kilometer.


 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement