Jumat 10 Nov 2023 08:38 WIB

Wadahi Bisnis Digital, Mandiri Capital Sinergi Enam Startup Lokal

Xponent merupakan wadah bagi startup bersinergi dengan ekosistem Mandiri Group.

Rep: Novita Intan/ Red: Lida Puspaningtyas
Mandiri Capital menyelenggarakan MCU 8th Anniversary Xponent Batch 3 dan Zenith di Plaza Bapindo, Jakarta, Kamis (9/11/2023).
Foto: Republika/ Novita Intan
Mandiri Capital menyelenggarakan MCU 8th Anniversary Xponent Batch 3 dan Zenith di Plaza Bapindo, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mandiri Capital Indonesia, perusahaan modal ventura yang didirikan oleh BUMN, yakni Mandiri Group memiliki program Xponent sebagai acara kolaborasi bisnis startup, Xponent merupakan wadah bagi startup bersinergi dengan ekosistem yang ada Mandiri Group. Xponent jilid 3 ini berlangsung bersamaan dengan pengenalan finalis Zenith Accelerator.

Xponent Batch 3 mengambil tema ‘Collaboration Towards The Future’ karena sejalan dengan misi perusahaan untuk mendorong lebih banyak kolaborasi, yang membuka potensi bisnis dan pertumbuhan koneksi.

Baca Juga

Chief Investment Officer Mandiri Capital Indonesia, Dennis Pratistha mengatakan penyelenggaraan Xponent kali ini merupakan bagian dari serangkaian acara yang diselenggarakan untuk memeriahkan perayaan ulang tahun MCI yang ke-8.

Hal ini sejalan dengan tema keberlanjutan yang menjadi fokus utama pada perayaan ulang tahun MCI kali ini, MCI mengadopsi pendekatan yang mendukung kelestarian lingkungan, salah satunya memberikan appreciation bagi unit bisnis Bank Mandiri dan perusahaan anak dalam bentuk sertifikat carbon credit.

 

Sertifikat ini mencatat setiap piagam berisi delapan metrik ton karbon, setara dengan menghapus jejak karbon sebesar delapan ton karbon bagi penerima piagam ini. Dengan menerima sertifikat ini, para penerima, atau yang disebut beneficiaries, telah berkontribusi dalam upaya menjaga bumi dengan mengurangi jejak karbon mereka atau institusi sebesar delapan ton karbon.

“Acara Xponent Batch 3 akan semakin spesial karena bertepatan dengan hari jadi MCI ke-8, sehingga kami telah menyiapkan rangkaian acara yang berbeda dengan mengintegrasikan elemen keberlanjutan lingkungan di dalamnya. Selain itu, kami juga mengumumkan enam finalis Zenith Accelerator yang akan mengikuti program mentoring, focus group discussion dan synergy creation percepatan integrasi produk dan kolaborasi dengan Mandiri Group,” ujarnya saat konferensi pers, Kamis (9/11/2023).

Xponent Batch 3 juga menghadirkan kegiatan seremonial dalam rangka terjalinnya kerjasama antara start-ups dengan unit bisnis yang berhasil terwujud dari hasil Xponent batch sebelumnya. Kedua kerjasama tersebut yaitu Corporate Banking 5 Group dengan Dagangan dan Mandiri Utama Finance dengan Otoklix.

Sementara itu Senior Vice President Corporate Banking 5 Group Bank Mandiri, Midian Samosir menambahkan melalui kerjasama dengan Dagangan, Corporate Banking Bank Mandiri, bersama dengan unit kerja lainnya Bank Mandiri, optimis dapat meningkatkan akses terhadap layanan perbankan dan pembiayaan, khususnya kepada start-ups dan ekosistemnya.

"Bank Mandiri berkomitmen berkontribusi dalam memperkuat pertumbuhan digital di Indonesia dengan membantu start-ups mendapatkan akses ke dalam ekosistem Mandiri Group," ucapnya.

Bersamaan dengan Xponent Batch 3, Mandiri Capital Indonesia resmi memperkenalkan enam startups yang menjadi finalis program Zenith Accelerator. Mengusung tema ‘Catalyzing Innovation, Growth, and Sustainability’ dan setelah melalui proses seleksi dan kurasi maka sudah terpilih top enam finalis Zenith, yaitu Rekosistem, Lifepack, Fishlog,

Praktis, AI Rudder, Imajin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement