Kamis 09 Nov 2023 08:54 WIB

Taspen Raih Penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Taspen untuk tingkatkan kinerja.

TASPEN meraih dua penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 dan Best Chief Technology Officer (CTO) Indonesia Digital Innovation and Achievement Of The Year 2023.
Foto: Dok. Taspen
TASPEN meraih dua penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 dan Best Chief Technology Officer (CTO) Indonesia Digital Innovation and Achievement Of The Year 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta melalui transformasi digital dan beragam inovasi layanan terkini. Atas komitmen tersebut, TASPEN meraih dua penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 dan Best Chief Technology Officer (CTO) Indonesia Digital Innovation and Achievement Of The Year 2023 atas nama Direktur SDM dan Teknologi Informasi TASPEN Ovita Susiana Rosya.

"Suatu kebanggaan bagi TASPEN untuk menerima dua penghargaan dalam kegiatan Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 ini. Apresiasi tertinggi kami berikan kepada seluruh insan TASPEN atas dukungan penuh dan kerja kerasnya dalam melakukan transformasi digital yang turut meningkatkan produktivitas sebagai bagian dari inovasi layanan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi para peserta TASPEN," kata Direktur SDM dan Teknologi Informasi Taspen Ovita Susiana Rosya, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga

Ovita mengatakan, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Insan TASPEN untuk terus meningkatkan pengembangan diri dan berupaya aktif menciptakan inovasi digitalisasi layanan TASPEN yang sesuai dengan kebutuhan para peserta. Ke depan, TASPEN akan senantiasa berupaya aktif untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta di Indonesia.

Pada 2023, TASPEN menghadirkan aplikasi TASPEN Customer Digital Services (TCDS), yakni upaya rasionalisasi atau penyatuan seluruh aplikasi eksisting di TASPEN, seperti TASPEN Otentikasi, TASPEN One Hour Online Service (TOOS) dan TASPEN Care. Adapun beberapa layanan pada aplikasi TDCS, antara lain Taspen Services Management, Taspen Membership Management, Customer Care Support, Content Management, Document Repository Management dan Identity & Access Management, TASPEN One Hour Online Service (TOOS) dan TASPEN Care. Aplikasi TCDS menjadi sebuah aplikasi terintegrasi untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan peserta dan meningkatkan kemudahan peserta dalam mendapatkan layanan.

 

“Penguatan teknologi digital yang agile, andal, aman dan terintegrasi untuk operasional perusahaan (layanan dan investasi) serta penguatan platform teknologi informasi agar tercipta Digital Ecosystem TASPEN Group, semuanya tertuang dalam IT Master Plan Perusahaan dan mendasari Rencana Jangka Panjang Perusahaan, serta arahan manajemen yang tertuang dalam policy statement,” kata Ovita.

Untuk mendukung pengoptimalan layanan bagu peserta, TCDS menggunakan beberapa teknologi terkini, yakni Elektronic Know Your Customer (autentikasi wajah dan KTP), pemanfaatan teknologi biometric dan enrollment, reprogramming aplikasi menggunakan microservice teknologi terbaru, modul dan fitur yang sama untuk seluruh platfrom (android dan iOS), serta peningkatan app security. Selain itu, untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data peserta, TCDS menerapkan security improvement yang sudah bersertifikasi ISO 27001:2013 (sertifikasi standar internasional terkait keamanan informasi), seperti network security, data protection, identity management, endpoint protection, dan server security.

“Tercatat hingga bulan Oktober 2023, TASPEN memiliki 6,74 juta peserta, yang terdiri dari 3,68 juta peserta aktif dan 3,06 juta peserta pensiun. Upaya rasionalisasi melalui aplikasi TCDS ini diharapkan dapat memudahkan kebutuhan peserta dan sebagai bentuk aktif TASPEN dalam menghadirkan inovasi digitalisasi yang sesuai dengan teknologi terkini,” kata Ovita.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement