Ahad 05 Nov 2023 17:46 WIB

Harga Beras Naik, Ini Kata Pedagang Beras di Tangerang

Pedagang mengatakan stok tersedia, tapi ada faktor lain yang membuat harga beras naik

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Fuji Pratiwi
Pedagang beras di Pasar Lembang, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.
Foto: Republika/Yoriesta Afnenda Ramizal
Pedagang beras di Pasar Lembang, Kelurahan Sudimara Selatan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pedagang beras di Ruko Taman Adiyasa, Kabupaten Tangerang, Banten, membenarkan harga beras mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga bervariasi, antara Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per liter.

Pedagang beras Karawang di Ruko Taman Adiyasa, Dio, mengaku kenaikan harga beras memang terjadi. "Kenaikan harga beras sekitar enam bulan terakhir," saat ditemui Republika di kios tempat dia berjualan, Ahad (5/11/2023).

Baca Juga

Terkait penyebab kenaikan harga karena kehabisan stok, Dio membantahnya. Dio menyebutkan ada beberapa alasan yang menyebabkan harga makanan pokok rakyat Indonesia ini jadi meningkat.

Pertama, harga bahan bakar minyak (BBM) naik, kemudian harga pupuk juga meningkat, dan tidak menutup kemungkinan harga benih padi yang juga ikut naik. "Karena kami mendapatkan beras ini dari petani Karawang langsung. Sehingga, kalau ditanya masalah stok yang jadi penyebab kenaikan harga, sebenarnya tidak ada pengaruhnya," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah pada Maret 2023 lalu, telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) beras medium sebesar Rp 10.900 per kilogram (kg)-Rp 11.800 per kg. Adapun harga riil beras medium saat ini tengah melonjak hingga lebih dari Rp 13 ribu per kg, berdasarkan catatan Badan Pangan Nasional. 

Sementara itu, HET untuk beras premium, sebesar Rp 13.900 per kg-Rp 14.800 per kg. Adapun harga riil beras premium saat ini sudah dihargai sekitar Rp 15 ribu per kg.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement