Selasa 24 Oct 2023 11:44 WIB

Beberapa Perusahaan Asing Masih Bertahan di Rusia, Ini Alasannya

Perusahaan yang keluar dari Rusia akan kehilangan banyak pendapatan.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Deretan botol Pepsi di Supermarket. Pepsi adalah salah satu perusahaan yang masih bertahan di Rusia.
Foto:

Mengapa bertahan? Perusahaan memilih untuk melanjutkan operasinya di Rusia karena berbagai alasan, meskipun ada tekanan publik yang sangat besar baik dari konsumen maupun pemerintah.

Yang paling sederhana adalah solvabilitas finansial. Meningkatkan pendapatan dan mempertahankan pangsa pasar sangat penting bagi perusahaan mana pun, terutama perusahaan yang bergantung pada konsumen Rusia. Andreas Rasche, seorang profesor bisnis di bidang masyarakat di Pusat Keberlanjutan Sekolah Bisnis Kopenhagen, memberikan contoh merek coklat Jerman milik keluarga, Ritter Sport, yang berjanji untuk berhenti berinvestasi dan beriklan di Rusia, namun tetap menjual produknya di negara tersebut. 

“Mereka mendapatkan 7 persen dari keseluruhan pendapatan mereka dari Rusia. Mereka tidak meninggalkan pasar begitu saja karena, bagi mereka, hal itu berpotensi sangat merugikan.” 

Sidortsov mengatakan perusahaan-perusahaan lain mungkin tidak takut dengan pandangan bahwa mereka akan beroperasi di Rusia, terutama jika perusahaan-perusahaan tersebut kecil atau tidak dikenal publik, atau jika kepentingan bisnis terlalu besar.

Dia menunjuk pada raksasa jasa ladang minyak AS, SLB, yang, bersama dengan perusahaan sejenisnya Halliburton dan Baker Hughes, terus memasok impor ke Rusia setelah perang dimulai.

Meskipun Halliburton dan Baker Hughes menghentikan operasi mereka kurang dari enam bulan setelah konflik, SLB baru berhenti beroperasi pada Juli 2023. Rusia adalah produsen minyak utama, dan Sidortsov mengatakan ada alasan bisnis yang kuat untuk tetap tinggal. SLB bahkan sedikit meningkatkan kekayaannya sebelum berangkat.

“Risiko reputasinya tidak terlalu tinggi, dan ketergantungan pada perusahaan-perusahaan ini sangat tinggi, jadi hal ini sepadan,” katanya.

Dalam banyak kasus, manajemen mungkin dapat atau bersedia meninggalkan Rusia, namun tidak tertarik untuk menjual pabrik, gudang, etalase toko, atau aset lainnya di negara tersebut. Hal ini terutama berlaku mengingat undang-undang Rusia yang mempersulit penarikan dana oleh perusahaan asing.

Rasche mengutip undang-undang, yang disahkan oleh Kremlin pada akhir 2022, yang pada dasarnya mewajibkan semua perusahaan asing yang ingin menjual aset dinilai oleh lembaga Pemerintah Rusia, kemudian dijual dengan setengah dari penilaian badan tersebut. Beberapa perusahaan, seperti Heineken, bersedia menjual aset mereka di Rusia dengan harga diskon yang besar. Namun Rasche mengatakan perusahaan-perusahaan lain tidak begitu bersemangat menerima dampak finansial besar-besaran.

Ditambah lagi, banyak penjualan....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement