Kamis 19 Oct 2023 18:12 WIB

GMF Perpanjang Kemitraan Layanan Pelatihan Pemeliharaan dengan Airbus

Kemitraan ini diharap menyempurnakan SDM GMF memenuhi standar industri MRO.

Pesawat Garuda Indonesia parkir untuk perawatan dan perubahan konfigurasi kursi penumpang di Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) Bandara Soekarno Hatta, Banten, Ahad (23/7).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pesawat Garuda Indonesia parkir untuk perawatan dan perubahan konfigurasi kursi penumpang di Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) Bandara Soekarno Hatta, Banten, Ahad (23/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) memperbarui kerja sama dalam hal layanan pelatihan dan pemeliharaan atau Maintenance Training Service dengan Airbus yang diselenggarakan di Tangerang, Banten pada Rabu (18/10/2023).

Direktur Line Operation GMF Mukhtaris mengatakan, perpanjangan kerja sama ini menjadi periode ke tiga dari kerja sama Maintenance Training Service antara GMF dan Airbus. "Kemitraan ini merupakan bentuk dedikasi GMF untuk mendukung terwujudnya layanan perawatan pesawat dengan kualitas terbaik melalui pengembangan keterampilan SDM untuk memenuhi standar internasional," kata Mukhtaris dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga

Mukhtaris menjelaskan, kerja sama dengan Airbus hingga 2028 tersebut meliputi Development Instructor Type Training and Special Training Engine Run Up A320 & A330, Airbus Competence Training ACT Classroom A320 & A330, Annual Quality Audit untuk GMF Training Center, Airbus Proficiency Check untuk instruktur GMF, Certificate for Trainee under EASA/ Manufacture Airbus Approval, dan Revenue Sharing sebagai Remote Airbus Maintenance Organization.

Menurut dia, dengan adanya perpanjangan kerja sama ini memperkuat komitmen GMF dalam mengembangkan tenaga kerja pada EASA Airbus Type. Kemitraan ini, juga diharapkan dapat menyempurnakan tenaga kerja yang dimiliki, sehingga GMF dapat memenuhi standar industri Maintenance, Repair, dan Operation (MRO).

"Hari ini menandakan sebuah capaian baru bagi GMF. Bersama dengan Airbus, GMF berkomitmen untuk membentuk masa depan aviasi Indonesia dan sekitarnya, untuk mencapai standar global yang kompetitif," ujar Mukhtaris.

Head of Customer Services Airbus Asia Pacific Raymond Lim mengatakan, pembaruan perjanjian ini mencerminkan hubungan kerja sama yang kuat antara Airbus, Garuda Indonesia, dan GMF. "Kami percaya bahwa manfaat dari kerja sama ini akan dapat dirasakan oleh peserta pelatihan ke depannya, seiring dengan persiapan pertumbuhan industri penerbangan di masa depan," kata Raymond.

Melalui perpanjangan kerja sama ini, GMF menjamin hadirnya kemudahan bagi pelanggan Airbus, khususnya di Asia Tenggara, untuk kebutuhan maintenance training A320 dan A330. Tentunya standar global yang dikedepankan oleh Airbus akan terjamin dalam layanan yang GMF berikan.

Dalam lima tahun ke depan, GMF dan Airbus memiliki visi untuk mewujudkan ekosistem Maintenance Training yang lebih kolaboratif, inovatif, dan berkualitas tinggi.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement