Rabu 18 Oct 2023 16:10 WIB

PJ Gubernur Sebut Sulsel di Ambang Kebangkrutan, Ini Kota yang Pernah Mengalaminya

Pada September, Birmingham mengumumkan pailit.

Rep: Umi Nur Fadhilah / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi bangkrut
Foto: Freepik
Ilustrasi bangkrut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin melaporkan keuangan Pemprov mengalami defisit Rp 1,5 triliun. Dia menyebut pemerintahan daerah Sulsel tengah diambang kebangkrutan.

Untuk mengatasi defisit tersebut, Pemprov Sulsel akan melakukan penghematan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun yang diterapkan pada semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov. Meski demikian, Kementerian Keuangan menolak menyebut wilayah ini di ambang kebangkrutan.

Kebangkrutan bisa saja terjadi pada sebuah kota. Beberapa kota di dunia sudah mengalaminya. Yang terbaru adalah Kota terbesar kedua di Inggris, Birmingham.

Kota ini secara efektif mengumumkan kepailitan pada awal September 2023. Birmingham menghentikan semua pengeluaran yang tidak penting setelah dihadapkan pada klaim gaji yang mencapai total 760 juta pound (sekitar Rp 14,5 triliun).

Dewan Kota Birmingham, yang melayani lebih dari satu juta penduduk, mengajukan pemberitahuan Pasal 114, menghentikan semua pengeluaran kecuali untuk layanan esensial. Defisit ini muncul akibat kesulitan dalam membayar klaim gaji yang berkisar antara 650 juta pound (sekitar Rp 12,4 juta) hingga 760 juta pound, seperti yang dilaporkan dalam pemberitahuan resmi.

Kota ini diproyeksikan menghadapi defisit sebesar 87 juta pound (sekitar Rp 1,6 triliun) pada tahun anggaran 2023-2024. Wakil ketua dewan Birmingham City, Sharon Thompson mengungkapkan bahwa mereka telah lama menghadapi masalah finansial, termasuk masalah kesetaraan gaji yang sejarahnya panjang. Thompson menyalahkan Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris, dengan mengklaim bahwa Birmingham telah kehilangan dana sebesar 1 miliar pound (sekitar Rp 19,1 triliun) yang ditarik oleh pemerintahan Konservatif berturut-turut.

"Dewan kami menghadapi tantangan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk peningkatan signifikan dalam permintaan layanan sosial bagi orang dewasa dan penurunan drastis dalam pendapatan bisnis, ditambah dengan dampak inflasi yang merajalela,” kata Thompson, dilansir CNN, Rabu (18/10/2023)

Selain itu, pada 2013, Kota Detroit juga mengajukan perlindungan kebangkrutan. Ini merupakan kebangkrutan terbesar dalam sejarah Amerika Serikat. Utang Detroit pada saat itu diperkirakan mencapai 20 miliar dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement