Ahad 15 Oct 2023 11:26 WIB

Kementan Terbitkan Ratusan Rekomenasi Impor Bawang Putih, Total 1,1 Juta Ton 

Wewenang perizinan impor bawang putih ada di Kementerian Perdagangan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution / Red: Friska Yolandha
Pedagang menunjukkan bawang putih di kiosnya di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rabu (21/12/2022). Pedagang di pasar tersebut menyatakan, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan diantaranya harga daging ayam dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram, telur ayam menjadi Rp22 ribu, cabai rawit  menjadi Rp50 ribu, bawang merah menjadi Rp35 ribu dan beras dari Rp9 ribu menjadi Rp10 ribu. Republika/Abdan Syakura
Foto:

Selanjutnya Prihasto juga menjelaskan untuk pengajuan RIPH tahun 2024 nanti, pelaku usaha boleh mengajukan RIPH bawang putih sesuai kepatuhannya dalam menjalankan wajib tanam dan produksi bawang putih sebagaimana yg telah diatur dalam Permentan Nomor 39 Tahun 2019. 

Apabila sebuah perusahaan telah melaksanakan kewajibannya, akan diterbitkan surat keterangan lunas (SKL) dari Direktorat Jenderal Hortikultura. 

Sebagai contoh, untuk perusahaan yang sudah melaksanakan wajib tanam dan produksi bawang putih dengan terbit satu SKL dan tidak ada penyelesaian kewajiban tanam lainnya, dapat mengajukan permohonan RIPH tahun 2024 sampai dengan 4.000 ton.

“Sampai saat ini, sudah ada 100 perusahaan lebih yang telah melaksanakan wajib tanam dan produksi bawang putih sesuai aturan yang ada,” ujarnya. 

Sebelumnya, Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi menegaskan, Kementan saat ini tengah menanamkan semangat anti korupsi dan semangat menegakkan integritas di jajarannya. Salah satunya dengan mempersiapkan program quick wins dalam waktu tiga bulan ke depan. Di antaranya langkah inisiatif yang sangat cepat untuk mereformasi birokrasi terutama yang berkaitan dengan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), salahnya penerapan penerbitan RIPH yang transparan sesuai aturan main bagi semua importir bawang putih.

"Saya yakin dan percaya Kementerian Pertanian setelah ini adalah Kementerian Pertanian yang bermartabat, Kementerian Pertanian yang bisa dibanggakan dan Kementerian Pertanian yang bisa menjadi contoh bagi Kementerian lainnya," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement