Ahad 08 Oct 2023 19:18 WIB

Zulhas Dorong Kerja Sama Bentuk Ekosistem untuk Majukan UMKM

UMKM harus didorong memasuki platform digital agar dapat bersaing.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan komitmennya dalam  mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar terus maju dan berkembang. (ilustrasi)
Foto: Muhammad Noor Alfian
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan komitmennya dalam mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar terus maju dan berkembang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan komitmennya dalam  mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar terus maju dan berkembang. Komitmen ini diwujudkan dengan membentuk ekosistem empat pilar, yakni fasilitasi kerja sama UMKM dengan lokapasar (marketplace), ritel modern, serta lembaga perbankan dan pembiayaan ekspor.  

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan dalam Rapat Kerja Wilayah-Rapat Kordinasi Wilayah dan Temu Bisnis UMKM Lembaga Pengembang (LP) UMKM Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa tengah di Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (7/10/2023). 

Baca Juga

Turut hadir Ketua PW Muhammadiyah Jateng Tafsir, serta Ketua PW Aisyiyah Jateng Eni Winaryati. Hadir mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim dan Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Fajarini Puntodewi.  

"Jadi, kata kuncinya adalah kerja sama. Pemerintah harus hadir, marketplace harus hadir, ritel modern harus hadir, perbankan harus hadir sehingga ekosistemnya terbentuk," tegas Mendag Zulkifli Hasan dalam siaran persnya, Ahad (8/10/2023).

 

Mendag Zulkifli Hasan menguraikan, UMKM harus didorong memasuki platform digital agar dapat bersaing. Salah satunya, melalui kerja sama dengan marketplace.  

"UMKM kalau hanya berjualan secara luring akan kalah karena zamannya sudah berbeda. Untuk  itu, harus bergabung dengan marketplace. Selanjutnya, marketplace akan melatih UMKM dalam  hal misalnya peningkatan kualitas kemasan dan pemasaran. Dengan pelatihan tersebut, kualitas  dan produktivitas UMKM dapat meningkat," jelas Mendag Zulkifli Hasan.  

UMKM, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, juga mendapat fasilitasi kerja sama dengan ritel modern.  Upaya ini untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM melalui gerai ritel modern sekaligus  mendapatkan dukungan logistik.  

"UMKM bisa bekerja sama dengan ritel modern. Ritel modern akan membantu memasarkan produk UMKM. UMKM untung dan ritel modern mendapatkan harga yang bagus," imbuh Mendag Zulkifli  Hasan.  

Berikutnya, permodalan melalui perbankan dan lembaga pembiayaan ekspor. "Dalam hal ini, UMKM akan dibantu permodalam kredit usaha rakyat (KUR). Untuk itu, perbankan harus hadir," kata Mendag Zulkifli Hasan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement