Selasa 03 Oct 2023 16:00 WIB

Jadi Penopang Ekonomi, Mendag Janji Bawa UMKM Kuasai Ekspor

Zulhas mengatakan, saat ini penopang ekonomi Indonesia adalah UMKM.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berkomitmen mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menguasai pasar ekspor. Menteri yang akrab disapa Zulhas itu mengaku mendapatkan mandat dari Presiden Joko Widodo untuk bisa mengangkat derajat UMKM.

Zulhas mengatakan, saat ini penopang ekonomi Indonesia adalah UMKM. Bahkan, 90 persen pelaku usaha di Indonesia ini justru UMKM. "Jadi, pemerintah ingin betul-betul memperhatikan UMKM agar bisa menguasai pasar ekspor dan pasar domestik," katanya di Pasar Grosir Cililitan, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga

Menurut Zulhas, perlu ada ekosistem yang mendukung untuk UMKM bisa meningkatkan kualitas maupun produksinya. Ia menekankan, pemerintah akan memberikan ruang seluas-luasnya untuk UMKM berkembang. "Ekosistemnya harus mendukung agar UMKM kita berkembang," kata Zulhas.

Zulhas tak menampik gempuran barang impor menjadi tantangan tersendiri. "Nanti sore saya akan rapat dipimpin Pak Presiden untuk memperhatikan fenomena sekarang banjirnya barang-barang impor di pusat-pusat perdagangan," tambah Zulhas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement