Rabu 27 Sep 2023 21:11 WIB

Pertamina Pastikan Salurkan Jaringan Gas ke Enam Kelurahan di Sorong

Pertamina berkomitmen mewujudkan energi hijau.

Ilustrasi pipa saluran gas.
Foto: PGN
Ilustrasi pipa saluran gas.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- PT Pertamina Gas Negara (PGN) memastikan akan memperluas pemasangan jaringan gas ke enam kelurahan di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya guna memenuhi kebutuhan gas bagi masyarakat di wilayah itu.

Sales-Customer Management & Technical Service PT PGN Area Sorong Dawud Mustopa di Sorong, Rabu, menjelaskan enam kelurahan yang dimaksud seperti Kelurahan Klabinain, Kelurahan Malagusa, Kelurahan Malasom, Kelurahan Pantai Mariat, Kelurahan Malawili dan Kelurahan Aimas.

Baca Juga

"Jaringan yang sudah terpasang itu di Kelurahan Malawele, Distrik Aimas, sementara enam kelurahan terdekat itu masuk dalam bagian program perencanaan perluasan jaringan gas ke depan. Itu sudah pasti dipasang," jelas Sales-Customer Management & Technical Service PT PGN Area Sorong Dawud.

Sistem penyaluran gas ini, kata dia, dari sumber gas kemudian disalurkan lewat perpipaan, masuk ke stasiun pengatur, setelah itu baru didistribusikan ke setiap pelanggan PGN.

"Nanti pada setiap rumah pelanggan PGN, akan dipasang meteran, kemudian penagihan pembayaran sesuai dengan volume penggunaan gas yang tertera pada meteran itu," beber Dawud Mustopa.

Pengelolaan PGN saat ini, kata dia, baru sekitar 0,02 MMscfd dari total kuota 0,2 MMscfd, sehingga dinilai realisasi penyaluran gas ini belum memenuhi kuota yang diberikan.

"Kami tentunya akan berusaha mengembangkan penyaluran gas ke pelanggan supaya kuota 0,2 MMscfd bisa terserap secara maksimal," kata Mustopa.

Dengan penyerapan kuota 0,2 MMscfd itu secara maksimal, maka harapannya adalah pemanfaatan gas itu bisa dirasakan masyarakat di wilayah Sorong.

Dia mengakui bahwa potensi pemanfaatan gas di Sorong cukup tinggi, karena berkembang pusat komersial seperti hotel dan rumah makan.

"Pelanggan jaringan gas kita di Kelurahan Malawele itu sebanyak 93 pelanggan, sementara yang lain akan menyusul sesuai program dari jaringan gas pemerintah maupun jaringan gas kita PGN," sebut dia.

Upaya konkret untuk mewujudkan sisa kuota jaringan gas yang belum tersalurkan itu, PGN terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat atas manfaat dari gas itu.

Selain itu PGN juga memberikan edukasi keselamatan dijadikan agenda rutin untuk menjamin kehandalan dan keselamatan dari pemanfaatan gas bumi.

"Karena rencana ke depan, kita target pengembangan jumlah pelanggan sebanyak 10.000 SR," ujar Mustofa.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement