Rabu 27 Sep 2023 13:40 WIB

Jokowi Siap Soft Launching Kereta Cepat 1 Oktober Nanti, Harga Tiket Berapa?

Harga tiket yang ditetapkan bisa dinikmati oleh semua masyarakat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Indonesia, Joko Widodo berdiri di depan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang kini bernama Whoosh.
Foto: EPA-EFE/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Indonesia, Joko Widodo berdiri di depan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang kini bernama Whoosh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan melakukan soft launching Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 1 Oktober 2023. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai mengikuti rapat terbatas mengenai integrasi moda transportasi publik di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

"Ya itu kalau kereta api cepat Presiden mungkin akan melakukan soft launching tanggal 1 Oktober. Ya kemudian nanti ya kita lihat," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca Juga

Setelah soft launching” kata Luhut, kereta cepat Jakarta-Bandung yang bernama Whoosh itu dapat digunakan oleh publik. Sementara terkait harga tiket kereta cepat, Luhut menyebut masih dalam tahap pembahasan untuk memutuskan besaran diskon yang diberikan.

Menurutnya, kemungkinan harga akan diumumkan pada 1 Oktober 2023 juga.

"Harganya mungkin akan diumumkan waktu (soft launching, oleh) Presiden dan mungkin, Presiden tadi baru dibicarakan, akan memberikan diskon berapa lama dulu, bertahap," ujarnya.

Menurutnya, Jokowi ingin harga tiket yang ditetapkan bisa dinikmati oleh semua masyarakat.

"Basically, Presiden itu ingin kita semua bisa menikmati dengan harga yang bagus, tapi ini juga jalan," lanjut dia.

Seperti diketahui, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) sedang menjalankan uji coba tanpa biaya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Hingga kini, terpantau tiket uji coba telah ludes hingga 30 September 2023.

Uji coba KCJB dengan penumpang ini dilakukan secara cuma-cuma, dengan setiap harinya ada empat jadwal perjalanan KA Halim - Tegalluar pulang pergi (PP).

Presiden Jokowi pada 13 September 2023  melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Presiden melakukan uji coba kereta cepat dengan titik awal perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, yang berakhir di Stasiun Padalarang, Jawa Barat.

Hanya butuh waktu 28 menit untuk tiba di stasiun Padalarang dari Halim. Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement