Selasa 26 Sep 2023 14:23 WIB

Fordigi Summit 2023, Gebrakan BUMN Katalis Perkembangan Ekosistem Digital Indonesia

Forgidi BUMN bergerak mengembangkan kapabilitas digital dan sinergi teknologi BUMN.

Forum Digital Indonesia BUMN atau Forgidi BUMN terus bergerak mengembangkan kapabilitas digital dan sinergi teknologi BUMN.
Foto: Kementerian BUMN
Forum Digital Indonesia BUMN atau Forgidi BUMN terus bergerak mengembangkan kapabilitas digital dan sinergi teknologi BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi salah satu katalis pengembangan strategis ekosistem digital di Indonesia, Forum Digital Indonesia BUMN atau Forgidi BUMN terus bergerak mengembangkan kapabilitas digital dan sinergi teknologi BUMN. Forum besutan Kementerian BUMN ini diharapkan hadir dan memberikan kontribusi positif dalam bentuk peningkatan nilai ekonomi dan sosial serta peningkatan kapabilitas talenta Digital Indonesia melalui pengembangan teknologi di BUMN.

Sebagai salah satu bentuk optimalisasi kolaborasi antar BUMN, pertukaran pengetahuan bersama para professional, serta showcase inovasi, Kementerian BUMN bersama dengan Forgidi BUMN menggelar Forgidi Summit 2023 pada 26-27 September 2023 yang mengarah ke satu tujuan yakni technology advancement untuk efisiensi dan efektivitas proses bisnis BUMN. Forgidi Summit 2023 yang mengusung tema “Digital Transformation Across The Nation” kali ini menghadirkan para pemimpin, pelaku industri, serta stakeholders dari berbagai sektor diantaranya teknologi, energi, perbankan, otomotif, farmasi, transportasi, dengan harapan pergerakan Go Digital di berbagai perusahaan, baik BUMN maupun swasta.

Baca Juga

"Kegiatan ini tentunya selaras dengan prioritas Kementerian BUMN khususnya dalam Kepemimpinan Teknologi. Dengan ini harapannya BUMN dapat mengoptimalkan percepatan dan implementasi atas transformasi digital serta berkontribusi pada kemajuan ekonomi digital di Indonesia," ujar Tedi Bharata, Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN pada pembukaan perhelatan yang berlangsung selama 2 hari di Hotel Mulia tersebut, dalam siaran persnya.

Setelah sebelumnya didukung oleh rangkaian Forgidi Goes to Campus, kegiatan Forgidi Summit 2023 diselenggarakan bersama rangkaian kegiatan yang terdiri dari agenda conference, awarding dari inovasi Hackathon/Forgidi Goes to Campus, technology exhibition, serta sesi networking bagi para peserta. 

 

photo
Forum Digital Indonesia BUMN atau Forgidi BUMN terus bergerak mengembangkan kapabilitas digital dan sinergi teknologi BUMN. - (Kementerian BUMN)

 

Sejalan dengan visi menjadi penggerak pengembangan teknologi strategis, Forgidi Summit 2023 mendorong kolaborasi antara BUMN, perusahaan teknologi swasta global maupun nasional dan juga kolaborasi dengan para talenta digital di berbagai perguruan tinggi serta memberikan wawasan mengenai tantangan dan peluang dalam dunia transformasi digital saat ini.

“Kemajuan teknologi memberikan dampak positif bagi Indonesia di berbagai sektor. Banyak proses kerja dan bisnis yang bertransformasi menjadi lebih efektif dan efisien. Forum Digital BUMN (Forgidi), merupakan sektor teknologi terdepan BUMN di Indonesia dan pada hari ini Forgidi Summit 2023 resmi digelar untuk menciptakan platform luar biasa bagi para pemangku kepentingan untuk bertukar dan berkolaborasi. Melalui diskusi menarik, presentasi teknologi, pameran teknologi, dan sesi interaktif, Forgidi Summit 2023 akan memainkan peran penting dalam membentuk masa depan digital masyarakat kita dan meningkatkan pasar teknologi di Indonesia,” ujar Fajrin Rasyid, ketua Forgidi Summit 2023 sekaligus Direktur Bisnis Digital Telkom Indonesia.

Salah satu sinergi digital yang menjadi agenda resmi pada Forgidi Summit 2023 kali ini adalah kick-off kerja sama Forgidi BUMN dengan Microsoft, "Kick Off Strategic Cooperation for State-Owned Digitalization and Technology Optimization FORDIGI BUMN dan Microsoft". Kick-off ini ditandai dengan handshake oleh CEO Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir dan ketua Forgidi Summit 2023 sekaligus Direktur Bisnis Digital Telkom Indonesia Fajrin Rasyid, yang juga disaksikan secara langsung oleh Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Tedi Bharata, beserta jajaran ketua bidang BUMN lainnya.

“Di Indonesia, Microsoft akan membawa dampak yang besar dan rasanya berbagi manfaat ini tidak lengkap tanpa kerja sama dengan BUMN dan Forgidi,” ujar Dharma pada sesi kick-off yang disertai dengan ucapan terima kasih serta harapannya untuk pemanfaatan Microsoft dalam pengembangan teknologi & talenta digital di Indonesia.

“Forgidi Summit ini menjadi salah satu bentuk kepedulian FORDIGI dan BUMN dalam pengembangan talenta digital, khususnya mahasiswa, dan harapannya dengan ini mitra dapat melihat bahwa kita ini merupakan kekuatan besar, dengan kolaborasi yang kita lakukan,” ujar Tedi pada sesi opening ceremony Forgidi Summit 2023.

Tedi juga mengungkapkan kerja sama antara Forgidi BUMN, BUMN, dan Microsoft ini diproyeksikan memberikan peningkatan efisiensi proses bisnis sebesar 20-30 persen. Kick-off kerja sama Forgidi BUMN dengan Microsoft pada Forgidi Summit 2023 ini diharapkan menjadi simbol sekaligus pemantik untuk terjalinnya kerja sama lainnya, khususnya kerja sama digital yang dapat mengeskalasi teknologi di Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement