REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menyoroti adanya kolaborasi unik antara KAWS:HOLIDAY Organized by AllRightsReserved dengan Candi Prambanan. Representasi dua karya seni dari dua peradaban yang berbeda ini justru menjadi atraksi yang istimewa serta tiada duanya di dunia.
"Kehadiran wisatawan usia muda di destinasi Candi Prambanan ini menghadirkan harapan baru untuk mengenalkan lebih dalam mengenai Warisan Cagar Budaya Dunia kepada anak muda," kata Direktur Utama PT TWC Febrina Intan di Kantor Pusat PT TWC, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (2/9/2023).
Ia mengatakan, hal ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran untuk lebih mencintai peninggalan budaya bangsa Indonesia. Ini merupakan kombinasi yang luar biasa antara seni instalasi kontemporer serta Mahakarya Warisan Budaya Dunia, menghadirkan perpaduan unik yang menjadi magnet baru, untuk mendatangkan pengunjung yang lebih relevan, terutama pengunjung usia muda.
"Mereka ini bisa lebih aware dengan kekayaan budaya sendiri. Hal ini yang perlu menjadi sorotan utama dalam pameran ini," kata dia.
Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria mengatakan, sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya dan juga induk perusahaan dari TWC, InJourney mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Menurut dia, Candi Prambanan sebagai salah satu ikon pariwisata warisan budaya dirasa akan semakin menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan. Tentunya hal ini akan menambah nilai serta memperkuat daya tarik Candi Prambanan.
"Tentu kami berharap acara-acara seperti ini terus berlanjut dan semakin beragam sehingga dapat menjadi magnet bagi wisatawan baik domestik dan mancanegara," kata Dony.
Ia mengatakan, dengan maraknya acara seperti ini, tentu Candi Prambanan akan menjadi roda penggerak sektor ekonomi. Tentunya ini juga akan memberikan kontribusi positif khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.