Senin 28 Aug 2023 18:16 WIB

LMAN Dapat Kucuran Dana Rp 15 Triliun untuk Pembebasan Lahan PSN

Kucuran dana tersebut akan digunakan untuk pembebasan lahan PSN.

Rep: Novita Intan/ Red: Ahmad Fikri Noor
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menerima dana investasi Rp 15 triliun sesuai rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2024. Kucuran dana tersebut digunakan untuk pembebasan lahan proyek strategis nasional.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban mengatakan, alokasi tersebut akan digunakan untuk pengadaan tanah proyek strategis nasional sektor jalan tol dan sumber daya air. “LMAN dilibatkan terkait pembebasan tanah PSN. Maka itu, dalam nota keuangan 2024, kami memberikan Rp 15 triliun kepada LMAN,” ujarnya saat konferensi pers, Senin (28/8/2023).

Baca Juga

Menurutnya, kucuran dana Rp 15 triliun terbagi menjadi tiga agenda besar tahun depan. Pertama, melakukan optimalisasi aset negara yang didasarkan pada kemanfaatan, kedua melakukan inovasi terkait optimalisasi aset dengan memiliki satu platform, dan terakhir adalah pembebasan lahan semua proyek strategis negara di Indonesia.

"Nantinya itu pembangunan semua proyek infrastruktur," ucapnya.

Menurutnya, salah satu proyek strategis nasional yang akan dibantu oleh LMAN adalah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. "Pada prinsipnya tahun ini kita akan gunakan LMAN untuk mendorong pembangunan IKN," ucapnya.

Rionald juga memastikan LMAN tidak akan memberikan ganti rugi, melainkan ganti untung kepada masyarakat yang tanahnya terkena dampak proyek IKN nanti. Menurutnya, pembebasan lahan dan ganti untung itu akan diberikan kepada warga sesuai dengan harga pasaran tanah di wilayah tersebut.

"Dari ganti rugi menjadi ganti untung. Artinya, kita memastikan bahwa harga yang wajar dan tercipta masyarakat itulah yang menjadi dasar LMAN untuk melakukan pembebasan dan pembayaran kepada masyarakat," ucapnya.

Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan manfaat terkait dengan peningkatan daya beli masyarakat yang menerima uang ganti kerugian. Selain itu, percepatan pembangunan infrastruktur yang pendanaan lahannya didanai oleh LMAN akan mendorong pertumbuhan ekonomi sebagai implikasi perbaikan konektivitas dan aksesibilitas, penurunan biaya logistik, dan peningkatan investasi berbagai bidang.

“Mudah-mudahan ini bisa mendorong PSN yang ada dan kita tidak mengalami kesulitan terkait pembiayaan pembebasan lahan,” ucapnya.

Per 25 Agustus 2023, realisasi pendanaan pengadaan lahan proyek strategi nasional oleh LMAN tahun ini sebesar Rp 10,38 triliun. Penyaluran terbesar dikucurkan untuk pembangunan 52 jalan tol dengan nilai realisasi sebesar Rp 8,22 triliun.

Realisasi teratas yaitu pembangunan tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo sebesar Rp 2,51 triliun, tol Yogyakarta-Bawen sebesar Rp 1,59 triliun, tol Jakarta Cikampek II Selatan sebesar Rp 551,99 miliar, tol Semarang-Demak sebesar Rp 513,14 miliar, dan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu sebesar Rp 500,82 miliar.

Adapun realisasi di luar jalan tol yakni pembangunan 38 bendungan sebesar Rp 1,16 triliun, lima irigasi sebesar Rp 29,11 miliar, satu air baku sebesar Rp 11,99 miliar, sembilan jalur kereta api sebesar Rp 226,17 miliar, satu pelabuhan Rp 975 juta, dan tujuh proyek strategis nasional Ibu Kota Negara (IKN) sebesar Rp 723,78 miliar.

Berdasarkan provinsi, penyaluran dana terbesar yakni Jawa Tengah sebesar Rp 2,90 triliun, Jawa Barat sebesar Rp 2,23 triliun, Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar Rp 1,39 triliun, Kalimantan Timur sebesar Rp 723,79 miliar, dan Banten sebesar Rp 511,44 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement