Senin 28 Aug 2023 09:11 WIB

Jangan Beli 5 Mobil Listrik Bekas Ini karena Paling tidak Dapat Diandalkan

Bila Anda memutuskan membeli mobil listrik bekas ini bersiaplah menghadapi masalah.

Mobil Tesla Model X (depan) dan Model S (kedua dari kiri) difoto di dealer mobil listrik Tesla di Sydney, Australia, 31 Mei 2017. Tesla Model X 2016 dan Model S 2013 sering mengalami masalah.
Foto:

Volkswagen e-Golf 2015-16

Volkswagen menghasilkan banyak pemberitaan negatif dengan skandal Dieselgate pada pertengahan tahun 2010-an. Namun, era tersebut belum tentu merupakan periode waktu yang paling lama bagi jajaran kendaraan bertenaga listrik VW mendapat pemberitaan negatif.

Meskipun praktik bisnis yang menipu menjadi penyebab skandal emisi seputar model diesel VW, masalah e-Golf tahun 2015 dan 2016 tampaknya merupakan kegagalan teknis dan bukan masalah perusahaan.

Pada tahun 2016, Volkswagen menarik kembali sistem manajemen baterai e-Golf, memperingatkan pemilik bahwa sistem dapat salah mendeteksi bahwa baterai terlalu panas dan mematikan sistem penggerak secara tiba-tiba, sehingga dapat menyebabkan crash. 

Masalah ini dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak, namun pembaruan tersebut harus dilakukan di dealer dan tidak dapat dilakukan dari jarak jauh. Pemilik juga sering melaporkan masalah model 2015 dan 2016 yang tidak dapat dihidupkan atau diisi dayanya dengan benar.

Setelah Dieselgate, Volkswagen merespons dengan cepat dan tegas demi kepentingan konsumen dan citra publik mereka terkait masalah baterai e-Golf. Namun pada tahun 2020, e-Golf dihentikan dan digantikan dengan jalur ID.

Tesla Model S 2013

Masalah keandalan dan kualitas pembuatan Tesla tidak hanya terbatas pada Model X yang terlalu rumit. Model S 2013 juga telah menjadi subyek beberapa penarikan kembali NHTSA dan keluhan konsumen, meskipun setidaknya Elon Musk tidak lagi menyebut Model S sebagai sebuah kesalahan.

Model S tahun 2013 telah mengalami 7 kali penarikan NHTSA, dan meskipun beberapa di antaranya karena masalah non-kritis seperti tampilan kamera cadangan atau power steering, pada tahun 2018 NHTSA memperingatkan pemilik bahwa inflator airbag penumpang dapat meledak, yang mengakibatkan cedera serius atau kematian.

Tiga mobil Model S juga terbakar setelah terjadi tabrakan di bagian depan, dan Washington Post melaporkan bahwa setidaknya lima mobil Model S terbakar saat mengisi daya di garasi semalaman. Kebakaran tersebut belum secara meyakinkan disalahkan atas cacat produksi apa pun dan setidaknya dalam satu kasus — yaitu Model S milik Harold Harriston di Spokane, warga Washington — kebakaran spontan tersebut ternyata merupakan kasus pembakaran dan bukan masalah pada baterai lithium-ion Tesla. 

Fiat 500e 2019...

 

sumber : Slashgear.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement