Kamis 24 Aug 2023 16:42 WIB

Trafik Jalan Tol Naik, Jasa Marga Kantongi Laba Bersih Rp 1,15 Triliun

Kinerja cemerlang ini sejalan dengan peningkatan volume trafik tol Jasa Marga.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk
Foto: jasamarga.com
Logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil mempertahankan kinerja positif sepanjang semester I 2023. Per Juni 2023, Perseroan membukukan Laba Bersih sebesar Rp 1,15 triliun, meningkat 56,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Kinerja cemerlang ini sejalan dengan peningkatan volume lalu lintas jalan tol operasional milik Jasa Marga Group," tulis manajemen Perseroan melalui keterangan resmi, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga

Peningkatan kinerja Perseroan juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp 6,98 triliun atau tumbuh 4,9 persen. Peningkatan tersebut dikontribusi dari Pendapatan Tol yang meningkat 1,0 persen menjadi Rp 6,13 triliun.

Pertumbuhan Pendapatan Usaha juga dikontribusi oleh kinerja Pendapatan Usaha Lain sebesar Rp 848,92 miliar, naik 47,2 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sepanjang semester pertama tahun ini, Jasa Marga mencatat peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) di jalan tol Jasa Marga Group. Realisasi LHR di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,23 juta kendaraan setiap harinya, meningkat enam persen dibandingkan LHR pada periode yang sama tahun lalu.

Hingga semester I 2023, Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.260 kilometer. Jumlah tersebut merepresentasikan 49 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. 

Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Perseroan di periode yang sama adalah 1.736 kilometer di seluruh Indonesia. Jumlah konsesi ini termasuk penambahan konsesi terbaru yang diperoleh Perseroan yaitu Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 kilometer.

Dalam mengelola proyek jalan tol baru yang ditargetkan selesai secara bertahap pada periode 2022-2025, Jasa Marga berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin, tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol secara bertahap. 

Saat ini, Perseroan memiliki beberapa proyek yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement