Kamis 24 Aug 2023 09:13 WIB

Optimalkan Layanan Kanker dalam Negeri, IHC akan Hadirkan PET Scan di Bali

Kanker menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) terus berinovasi dalam menyediakan layanan kesehatan.
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) terus berinovasi dalam menyediakan layanan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Bina Medika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau Holding Rumah Sakit (RS) BUMN terus berinovasi dalam menyediakan layanan kesehatan yang unggul dan berperan aktif dalam membangun ekosistem kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satunya optimalisasi layanan terhadap penyakit kanker di Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Bina Medika IHC Mira Dyah Wahyuni mengatakan kanker menjadi penyebab kematian nomor dua di dunia dan juga sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, salah satunya provinsi Bali. Sebagai komitmen dalam memberikan akses kesehatan yang luas dan berkualitas bagi seluruh masyarakat, IHC akan menghadirkan layanan onkologi terpadu dengan harapan kasus kanker dapat terdeteksi sedini mungkin.

Baca Juga

"Harapannya dapat meminimalisasi angka kesakitan dan kematian akibat kanker. Oleh karenanya, IHC akan menghadirkan alat canggih Positron Emission Tomography (PET) Scan di Bali International Hospital (BIH)," ujar Mira dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Mira menyampaikan banyak kasus dari kanker dapat dicegah menjadi stadium yang tinggi dengan deteksi dini dan ketepatan diagnosa kanker, salah satunya dengan PET Scan. Di Indonesia alat PET Scan masih terbatas, sehingga masyarakat masih kesulitan mendapatkan pelayanan yang cepat dan tepat terkait penyakit kanker.

"Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat canggih ini, IHC melalui BIH akan mengupayakan kerja sama dengan BPJS kesehatan untuk pemanfaatan layanan PET Scan bagi pasien kanker," ucap Mira. 

Mira menyampaikan layanan onkologi terpadu dengan kelengkapan alat PET Scan di BIH merupakan langkah maju bagi IHC dalam memenuhi misi untuk berkontribusi membangun ekosistem kesehatan masyarakat Indonesia. Dengan fasilitas modern dan didukung oleh tim medis berpengalaman, Mira berharap BIH akan menjadi pusat pelayanan kesehatan yang unggul dan memberikan pengalaman terbaik bagi pasien dari berbagai latar belakang.

"Komitmen kami menghadirkan fasilitas kesehatan untuk seluruh lapisan masyarakat tercermin dalam dukungan kami terhadap program transformasi kesehatan yang dicanangkan pemerintah. Dengan menyediakan layanan PET Scan, kami berharap dapat memberikan akses kesehatan yang merata," kata  Mira.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement