Selasa 22 Aug 2023 15:50 WIB

Taspen Raih Penghargaan Kemenkumham Atas Pengelolaan Dana Pensiun ASN

Taspen selalu memastikan perlindungan dan kesejahteraan ASN.

Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) meraih penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait pengelolaan dana pensiun ASN.
Foto: Dok. TASPEN
Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) meraih penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait pengelolaan dana pensiun ASN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen untuk memastikan perlindungan dan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui peningkatan kualitas layanan dan inovasi. Atas peran penting sebagai mitra kerja dalam pengelolaan tabungan pensiun ASN, TASPEN berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). 

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kemenkumham terhadap komitmen dan kontribusi TASPEN dalam memastikan perlindungan dan kesejahteraan para ASN, khususnya di lingkungan kerja Kemenkumham seluruh Indonesia melalui manajemen tabungan pensiun yang efektif. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly kepada Direktur Operasional TASPEN Ariyandi pada kegiatan Upacara Peringatan Hari Kemenkumham 'Hari Dharma Karya Dhika' ke-78 Tahun 2023 di Lapangan Upacara Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023). 

Baca Juga

Direktur Operasional TASPEN Ariyandi mengatakan, menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi TASPEN untuk menerima penghargaan ini dari Kementerian Hukum dan HAM. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa TASPEN telah berdedikasi dan berperan aktif memastikan kesejahteraan finansial para ASN, khususnya di wilayah Kemenkumham. 

"TASPEN senantiasa mendukung para ASN dan keluarga dalam merencanakan masa pensiun dengan tenang dan nyaman. Selanjutnya, TASPEN akan terus berkomitmen menyediakan solusi pensiun yang inovatif dan sesuai kebutuhan para ASN," katanya, mengutip keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023).

Sebagai BUMN di bidang jaminan sosial, TASPEN secara aktif telah menyediakan berbagai layanan komprehensif dan mengelola keuangan dengan cermat. TASPEN berupaya untuk terus menjaga keamanan finansial para ASN sejak masa awal pengabdian (CPNS) hingga memasuki masa pensiun. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa layanan TASPEN telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah dan mencerminkan perusahaan memiliki peran penting dalam mendukung upaya pemerintah memberikan skema pensiun yang andal bagi ASN.

TASPEN senantiasa berfokus pada inovasi program, pelayanan kepada peserta, serta manajemen keuangan yang bijak. Upaya ini telah memberikan dampak positif bagi para pensiunan ASN di Indonesia dan telah mendatangkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak, antara lain Penghargaan Top 45 Inovasi Layanan publik dari Kementerian PAN RB (Kemenpan RB) dan penghargaan dari Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

“TASPEN berkomitmen untuk terus menjunjung tinggi profesionalisme dan integritas dalam mengelola seluruh program dan layanan bagi peserta. Seluruh upaya ini dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan peserta untuk meningkatkan nilai ekonomi dan sosial Indonesia dengan menjadi perusahaan asuransi sosial dan dana pensiun yang unggul,” kata Ariyandi.

Dengan pengalaman yang sudah terbukti dalam memberikan pelayanan bagi Aparatur Sipil Negara selama 60 tahun terakhir, TASPEN juga terus berupaya mendekatkan diri dengan peserta melalui 57 kantor cabang, 44 Mitra Bayar dan lebih dari 60.000 titik layanan. Hingga bulan Juli 2023, TASPEN memiliki lebih dari 6,7 juta peserta dengan rincian 3,7 juta peserta ASN Aktif dan 3 juta peserta ASN Pensiunan. 

TASPEN terus berupaya memberikan manfaat dan berupaya aktif meningkatkan kapabilitas para ASN yang akan memasuki masa pensiunnya, antara lain melalui Program Wirausaha Pintar Taspen. Program ini merupakan program pelatihan kewirausahaan dari TASPEN untuk para peserta pensiunan agar tetap sejahtera meski pensiun melalui kegiatan pembinaan dan pelatihan sesuai dengan minat para peserta.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement