Senin 21 Aug 2023 16:28 WIB

Rupiah Melemah Karena Investor Tunggu Panduan Suku Bunga ke Depan

Pasar sekarang menunggu isyarat lebih lanjut tentang ekonomi AS akhir pekan ini.

Petugas menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Kamis (29/9/2022) (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Petugas menunjukkan uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Kamis (29/9/2022) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menyatakan pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dipengaruhi sikap investor yang menunggu simposium Jackson Hole Federal Reserve untuk panduan tentang suku bunga ke depan.

"Dolar dimulai dengan pijakan yang kuat pada Senin (21/8/2023) setelah kenaikan lima pekan berturut-turut karena investor melihat ke depan, ke simposium Jackson Hole Federal Reserve untuk panduan tentang suku bunga," ujar Ibrahim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (21/8/2023).

Baca Juga

Federal Reserve baru-baru ini disebut mengisyaratkan sebagian besar pembuat kebijakan mendukung suku bunga yang lebih tinggi, sementara analis memperkirakan penurunan suku bunga pada tahun depan. "Pasar sekarang menunggu isyarat lebih lanjut tentang ekonomi AS dari Simposium Jackson Hole akhir pekan ini, di mana Ketua Fed Jerome Powell juga diperkirakan akan berbicara," ungkap Ibrahim.

Kekhawatiran atas kenaikan suku bunga AS diiringi inflasi AS yang kuat dan data positif pasar tenaga kerja AS, sehingga menopang dolar dalam beberapa pekan terakhir. Data klaim pengangguran AS yang menurun 12 ribu menjadi 239 ribu dibandingkan dari minggu sebelumnya sebesar 250 ribu dan lebih rendah dari ekspektasi sebesar 240 ribu mengindikasikan ketahanan di pasar tenaga kerja.

Pada penutupan perdagangan Senin, rupiah mengalami pelemahan sebesar 0,23 persen atau 35 poin menjadi Rp 15.325 per dolar AS dari sebelumnya Rp 15.290 per dolar AS. Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Senin turut melemah ke posisi Rp 15.329 dari sebelumnya Rp 15.308.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement