Selasa 15 Aug 2023 17:22 WIB

Ekonom: Pemilu Berpotensi Dorong Pertumbuhan PDB

Anggaran untuk kampanye pemilu akan menjadi anggaran terbesar dibandingkan sebelumnya

Daftar pemilih tetap pada Pemilu 2024
Foto:

Kebijakan saat ini dipandang BI cukup untuk membawa inflasi ke kisaran target inflasi 3 plus minus 1 persen di 2023 dan 2,5 plus minus 1 persen di 2024. Indikator ekonomi Indonesia menunjukkan peningkatan aktivitas domestik. Hal ini ditandai oleh beberapa hal, antara lain tingkat keyakinan konsumen yang terjaga baik, sehingga dapat mendorong minat konsumsi masyarakat.

Selain itu, indikator investasi juga menunjukkan tren pemulihan dan BI mendukung penyaluran kredit dengan memotong RRR (reserve requirement ratio) untuk memenuhi kebutuhan dana dari berbagai sektor usaha.

Namun Katarina tetap menganjurkan para investor untuk mewaspadai beberapa risiko. Pertama, dampak kebijakan bank sentral terhadap pertumbuhan ekonomi global dan kebijakan moneter negara berkembang.

Kedua, faktor geopolitik yang bisa memunculkan ketidakpastian pada berbagai kebijakan dan dampaknya terhadap sentimen investasi. Selain itu, jelang Pemilu, investasi dan belanja modal diperkirakan akan mengalami penurunan.

 

Ketiga, harga komoditas yang diperkirakan akan mengalami normalisasi tentunya bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi, cadangan devisa, dan defisit fiskal.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement