Jumat 11 Aug 2023 00:05 WIB

Daihatsu Perkenalkan Mobil Logistik Berkonsep BEV di GIIAS 2023

VIZION-F mengambil basis platform dari mobil GranMax yang dikonversikan dari ICE.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Daihatsu luncurkan mobil konsep BEV, VIZION-F.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Daihatsu luncurkan mobil konsep BEV, VIZION-F.

REPUBLIKA.CO.ID, Daihatsu Indonesia menghadirkan booth dengan konsep futuristik dalam pameran otomotif berskala internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Selain itu, Daihatsu Indonesia juga memperkenalkan kendaraan listrik bersegmen komersil untuk aktivitas logistik, VIZION-F.

"Melalui pameran GIIAS 2023 ini, kami berharap seluruh pengunjung dapat menikmati booth Daihatsu serta mendapatkan pengalaman berkesan tak terlupakan," ujar President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Yasushi Kyoda, di ICE BSD, pada Kamis (10/8/2023).

Baca Juga

Selama pameran berlangsung, Daihatsu Indonesia menampilkan 13 unit kendaraan menarik yang terdiri dari 10 model. Sebagian dari model tersebut adalah satu unit mobil Kei-Car Daihatsu terlaris di Jepang, Atrai, dan enam unit model existing seperti Sigra, Xenia, Ayla, Terios, Rocky, dan Sirion.

Daihatsu Indonesia juga menghadirkan dua unit model modifikasi. Satu unit di antaranya merupakan Xenia Sport edisi terbatas yang hanya dijual sebanyak 20 unit saja selama pameran GIIAS 2023 berlangsung di ICE BSD. Satu unit lainnya adalah Ayla Sports yang inspiratif bagi para kawula muda pecinta modifikasi.

Yang tak kalah menarik, Daihatsu Indonesia juga memperkenalkan satu unit mobil listrik berkonsep battery electric vehicle (BEV), VIZION-F. VIZION-F mengambil basis platform dari mobil GranMax yang dikonversikan dari internal combustion engine (ICE) menjadi kendaraan listrik.

Seperti namanya, VIZION-F didesain dengan konsep Vision, Zero Emission, Futuristic, Functional, Fun, dan Friendly. Nama ini menggambarkan sebuah mobil masa depan ramah lingkungan yang dapat mendukung aktivitas masyarakat, baik untuk bisnis maupun pribadi.

Konsep stylish dan futuristic dari VIZION-F tercermin pada warna dominan silver dan grey yang dilengkapi dengan aksen warna electric yellow pada bodi mobil. Desain bumper depan dan pintu belakang VIZION-F juga dilengkapi dengan layer digital yang membuat mobil ini tampil futuristik.

Sedangkan dari sisi interior, VIZION-F kental akan nuansa futuristik dengan desain dashboard yang didominasi oleh digitalisasi. Sebagian di antaranya adalah layar meter cluster digital sebesar 8 inci, ditambah dengan panel display touch screen sebesar 15,6 inci yang moderen dan informatif pada dashboard.

Dengan dimensi yang cukup besar, kendaraan listrik bersegmen komersil ini dapat digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas logistik sekaligus mendukung netralitas karbon. Salah satu contohnya, VIZION-F bisa digunakan sebagai truk makanan atau kafe keliling yang bisa beroperasi tanpa genset.

"(VIZION-F) merupakan mobil konsep BEV yang dapat menjadi solusi mobilitas baru dalam beragam aktivitas penggunaan," lanjut Kyoda.

Contoh lainnya, VIZION-F dapat digunakan sebagai camper van atau kendaraan untuk berkemah, kendaraan dinas, hingga kendaraan operasional yang dapat memberikan pasokan listrik darurat ke kendaraan listrik lain. Bahkan, VIZION-F juga dapat digunakan sebagai unit rescue atau kendaraan penyelamat.

Sedangkan dari segi teknis, VIZION-F dari Daihatsu ditunjang dengan baterai berkapasitas 28 kWH dan motor listrik dengan daya 35 kW.' Dengan spesifikasi ini, VIZION-F dapat menempuh jarak sekitar 200 km dengan kecepatan maksimal 100 km per jam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement