Selasa 08 Aug 2023 09:50 WIB

Bingung Pilih Motor Listrik? Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

Semakin banyak fitur yang digunakan bakal mengurangi daya tahan baterainya.

Rep: Mgrol148/ Red: Lida Puspaningtyas
Teknisi memeriksa komponen sepeda motor bbm yang dikonversi menjadi sepeda motor listrik di bengkel Bacip Moto Shop, Jalan Kebon Jati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (3/7/2023). Bengkel Bacip Moto Shop binaan Bintang Racing Team tersebut merupakan salah satu bengkel resmi pemasangan, perawatan, pemeriksaan peralatan instalasi sistem penggerak motor listrik pada kendaraan bermotor dan mendapatkan lisensi Kementerian Perhubungan. Konversi motor tersebut dipatok dengan harga Rp9,5 juta dengan jarak tempuh rata-rata 40 kilometer.
Foto:

3. Cari Tahu Tentang Kualitas Baterai

Kualitas baterai adalah salah satu faktor penting dalam memilih motor listrik. Pastikan baterai yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Hal ini dapat mempengaruhi performa dan masa pakai motor listrik Anda.

"Buat baterai tentu harus yang tinggi daya penyimpanannya supaya nggak khawatir mau jalan jauh. Itu menyesuaikan juga dari kebutuhan kita buat gunakan kemana motor ini" ujarnya.

Setiap merek motor listrik memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait pengisian daya baterainya. Ada yang menggunakan charger bawaan, ada juga yang harus menggunakan charger tambahan. Pastikan Anda memeriksa kebijakan pengisian daya baterai dan apakah charger tambahan perlu dibeli atau tidak.

4. Lakukan Test Ride

Sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik, lakukan test ride terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk merasakan langsung performa dan kenyamanan motor listrik yang Anda inginkan.

"Untuk yang wajib dilakukan ya test ride karena kan biar si calon pembeli tau gimana motor listrik ini bekerja dan berfungsi sekaligus jelasin fitur - fitur yang ada" ujarnya

Jangan sungkan untuk melakukan test ride pada beberapa merek dan model motor listrik yang berbeda agar Anda dapat membandingkan performa dan kenyamanan dari masing-masing motor listrik.

5.Cari Tahu Tentang Ketersediaan Suku Cadang

Sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik, pastikan bahwa suku cadang motor listrik mudah ditemukan di Indonesia. Ini jadi faktor yang sangat penting untuk keberlanjutan motor listrik.

Motor listrik masih tergolong baru di Indonesia dan suku cadangnya mungkin belum tersedia secara luas. Pastikan Anda memilih merek motor listrik yang suku cadangnya mudah ditemukan di Indonesia.

"Ya ini paling penting juga kalo udah beli tapi nggak ada yang jual sparepart-nya kan nanti jadi nggak terpakai kalau rusak atau gimana," Katanya

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement