Jumat 04 Aug 2023 00:20 WIB

Jika Lampu Indikator BBM Menyala, Mobil Harus Segera ke SPBU atau Tetap Aman Dikendarai?

Kita harus segera mengisi BBM sebelum lampu indikator bahan bakar rendah menyala.

Lampu bahan bakar rendah diciptakan untuk mengingatkan pengemudi.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Lampu bahan bakar rendah diciptakan untuk mengingatkan pengemudi.

REPUBLIKA.CO.ID,Bukan tidak mungkin kita lupa mengisi bahan bakar minyak (BBM) sehingga di tengah jalan lampu indikator BBM mobil menyala. Kita mungkin bertanya berapa kilometer (km) jarak yang masih bisa ditempuh setelah lampu indikator menyala sebelum kita kembali mengisi BBM.

Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan yang tampaknya sederhana ini. Kenyataannya adalah jawabannya akan bervariasi dari mobil ke mobil, merek ke merek, model ke model, dan pengemudi ke pengemudi.

Baca Juga

Saran paling sederhana adalah jangan memaksakan keberuntungan Anda dan mengisi BBM sebelum lampu peringatan bahan bakar rendah menyala atau sesegera mungkin setelah lampu itu menyala. Mencoba menebak seberapa jauh Anda harus pergi sebelum benar-benar BBM habis akan menimbulkan masalah.

Secara historis, produsen mobil cenderung mengkalibrasi lampu bahan bakar rendah untuk berkedip ketika Anda memiliki jarak antara 50 dan 80 km dari sisa jarak yang bisa ditempuh dengan BBM di dalam tangki.

Tapi itu berdasarkan kilometer jelajah jalan raya, bukan kilometer kota stop-start. Meski begitu, ini lotre, karena mobil yang berbeda akan memiliki parameter berbeda pula menyalanya lampu indikator BBM.

Kalibrasi itu juga dapat dipengaruhi oleh panas sekitar, sistem pengisian daya mobil, dan bahkan jalan berliku versus jalan raya lurus.

Lampu indikator bahan bakar rendah adalah instrumen yang sangat tidak ilmiah, sering kali dengan pikirannya sendiri.

Jadi, lampu indikator dapat menyala dengan level tangki bahan bakar yang berbeda di mobil yang sama bukan sesuatu yang  mengherankan.  Bahkan mobil dengan merek dan model yang sama akan memiliki lampu bahan bakar rendah dengan ide berbeda tentang kapan harus berkedip.

Atas dasar itu, Anda juga bisa membayangkan jawaban atas pertanyaan umum 'berapa km setelah lampu indikator bahan bakar menyala di Toyota HiLux?' tidak akan sama dengan 'berapa km setelah lampu bahan bakar menyala di Toyota Corolla?'.

Fakta bahwa keduanya adalah Toyota tidak ada hubungannya dengan antusiasme lampu bahan bakar. Hal yang sama berlaku untuk 'berapa km setelah lampu bahan bakar muncul di Isuzu D-Max?'. Hanya karena HiLux dan D-Max adalah dua kabin yang bersaing ketat, tidak ada artinya dalam hal menafsirkan lampu bahan bakar yang mengganggu itu.

Lampu bahan bakar rendah diciptakan untuk mengingatkan pengemudi yang tidak memperhatikan tingkat bahan bakar mereka bahwa mereka mungkin ingin memeriksa pengukur bahan bakar. Itu tidak dirancang untuk menggantikan pengukur bahan bakar, namun begitulah cara beberapa pengemudi mendekatinya.

Tapi mengapa Anda bisa sampai lupa  mengisi BBM sampai lampu berkedip? Nah, menjalankan kendaraan dengan tangki bahan bakar yang benar-benar kering berdampak buruk bagi mesin, pompa bahan bakar, dan filter bahan bakar.

Pasir, karat, dan partikel kecil lainnya menumpuk di tangki bahan bakar mobil seiring waktu. Partikel kecil ini lebih berat dari bahan bakar, sehingga biasanya mereka hanya mengintai di dasar tangki bahan bakar.

Dengan mengeringkan tulang tangki, Anda menyeretnya melalui sistem bahan bakar dan masuk ke mesin. Namun  saat tangki diisi maka akan meninggalkan kontaminan tersebut tanpa membahayakan di dalam tangki.

Yang terbaik adalah mengisi tangki bahan bakar sesegera mungkin untuk menghindari kemungkinan kehabisan sama sekali.

Partikel-partikel ini tidak hanya dapat menyumbat filter bahan bakar, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan mekanis pada pompa dan bagian dalam mesin.

Alasan lain untuk tidak memaksakan keberuntungan Anda adalah ketidaknyamanan dan bahaya terdampar di pinggir jalan karena kehabisan bahan bakar.

Jangan mengesampingkan bahwa bengkel yang Anda tahu hanya berjarak beberapa kilometer sedang tutup atau kehabisan bahan bakar dan menunggu bantuan untuk mengisi tangki yang kosong.

Dan karena Anda harus berhenti untuk mengisi bahan bakar dalam 50 km berikutnya, mengapa tidak melakukannya secepat mungkin dan menghindari kemungkinan kehabisan bahan bakar sama sekali?

Pada mesin diesel, saran ini bahkan lebih penting, karena mesin diesel benar-benar tidak suka kering. Ini dapat sangat merusak sistem injeksi (terutama di turbo-diesel modern) dan seringkali, diesel yang sudah kering perlu diperbaiki secara manual sebelum dapat dinyalakan kembali. Dan itu pekerjaan untuk mekanik.

sumber : Carsguide.com.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement