Rabu 02 Aug 2023 16:13 WIB

Penjualan Iphone Melambat, Pendapatan Apple Diprediksi Anjlok

Pembeli menahan diri membeli model baru iPhone di tengah ekonomi yang lambat.

Apple Inc. Pendapatan perusahaan teknologi Apple Inc diprediksi turun didorong oleh melambatnya penjualan iPhone pada kuartal April-Juni.
Foto:

Saham Apple telah naik lebih dari 50 persen sepanjang tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan hampir 37 persen di Nasdaq Composite yang padat teknologi.

Sebagian besar kelemahan dalam penjualan iPhone diperkirakan berasal dari Amerika, di mana pendapatan diperkirakan turun 6 persen, kata para analis. Penjualan dari China, pasar terbesar ketiga Apple, diperkirakan akan datar karena pemulihan ekonomi yang tidak merata, meskipun perusahaan tersebut bernasib lebih baik daripada saingan Android di negara tersebut.

Pengiriman smartphone secara keseluruhan ke China turun 2,1 persen pada kuartal kedua, menurut firma riset pasar International Data Corp.

"Sebagian besar investor merasa China yang lunak dapat menimbulkan risiko terhadap angka dan komentar lebih lanjut, tetapi posisi Apple di China berada pada pijakan yang kokoh dan perusahaan tersebut kemungkinan hanya akan melihat penurunan kecil, jika ada, dalam penjualan iPhone," Piper Sandler kata analis.

"Jika ada kelemahan penjualan dari China, kemungkinan akan mudah diimbangi oleh momentum penjualan yang kuat di India," tambah mereka.

Penjualan Mac dan iPad diperkirakan turun masing-masing sebesar 10,6 persen dan 11,2 persen, menurut data Refinitiv.

 

Tetapi bisnis layanan - rumah bagi App Store Apple dan layanan streaming audio dan video - bisa menjadi titik terang berkat peningkatan di pasar iklan, kata beberapa analis.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement