Ahad 30 Jul 2023 11:16 WIB

Hingga Juli 2023, 596 Kilometer Proyek Tol Trans Sumatera Sudah Beroperasi

Enam ruas tol Trans Sumatra sudah beroperasi.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Sebanyak 61.841 unit kendaraan masuk Jalan Tol Trans Sumatra, pada H-5, Senin (17/4/2023).
Foto:

Sementara di ruas Pekanbaru-Padang, terdapat dua seksi yang masih konstruksi, yakni Seksi Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24 km dengan progres 74,8p ersen dan Seksi Padang-Sicincin sepanjang 37 km dengan progres 32,6 persen, sebelumnya untuk Seksi Pekanbaru-Bangkinang telah beroperasi sepanjang 31 km. 

Ruas selanjutnya yang masih konstruksi adalah Binjai-Pangkalan Brandan dengan progres 79,9 persen, setelah seksi Binjai-Stabat telah beroperasi sepanjang 12 km. Selanjutnya terdapat Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 km yang menyisakan dua seksi sepanjang 38 km masih konstruksi yakni ruas Blang Bintang-Baitussalam dan Sigli-Seuliemum dengan progres 81 persen.

photo
Foto udara operator alat berat menyelesaikan pembangunan jalan tol di STA 7+500 di Nagari Katapiang, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Selasa (8/11/2022). Kementerian PUPR kembali melanjutkan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin) sepanjang 36,6 km yang merupakan bagian dari sirip Jalan Tol Trans-Sumatera, dengan progres konstruksi mencapai 45,5 persen dan progres pembebasan lahan 81,2 persen. - (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa keberadaan jalan tol ini merupakan investasi Pemerintah untuk jangka panjang. Pulau Sumatera dengan seluruh potensi dan sumberdayanya adalah masa depan Indonesia. 

 

"Dengan menyediakan layanan jalan tol, tujuan kita bukan sekedar infrastruktur yang terbangun, tetapi sesungguhnya membuka  ruang tumbuh untuk kawasan-kawasan yang prospektif saat ini dan masa mendatang,” kata Endra. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement