Rabu 26 Jul 2023 19:13 WIB

Penjualan Kendaraan Listrik Naik Pesat di Tokopedia pada Kuartal Dua 2023

Untuk sepeda motor listrik penjualan naik sepuluh kali lipat.

Penjualan kendaraan listrik baik mobil dan motor meningkat pesat di Tokopedia.
Foto: Tokopedia
Penjualan kendaraan listrik baik mobil dan motor meningkat pesat di Tokopedia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, yang berteknologi ramah lingkungan semakin menarik perhatian masyarakat di Tanah Air. 

Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra mengatakan selama kuartal II 2023 penjualan online mobil listrik lewat Tokopedia meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Sedangkan penjualan online motor listrik melalui Tokopedia meningkat hampir 10 kali lipat,” kata Leo dalam keterangannya, Selasa (26/7/2023). 

Baca Juga

Minat masyarakat di berbagai daerah terhadap mobil dan motor listrik pun melonjak. Hal ini terbukti dari data Tokopedia yang mencatat Jakarta dan Bandung menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi transaksi mobil listrik lewat Tokopedia. “Dengan peningkatan rata-rata hampir 5,5 kali lipat selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022,” ucapnya.

Selain itu, Palembang, Semarang, dan Surabaya menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi transaksi motor listrik lewat Tokopedia, dengan peningkatan rata-rata hampir 16 kali lipat selama kuartal II 2023 dibandingkan kuartal II 2022.

Menurut dia, tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia yang terus meningkat cenderung didorong oleh kehadiran berbagai infrastruktur penunjang. Mulai dari tempat isi ulang daya listrik yang makin banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. “Juga kebijakan yang ramah pengguna kendaraan listrik seperti bebas dari aturan ganjil genap,” kata Leo.

Tokopedia, katanya, selalu berupaya mempermudah masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik lewat kampanye Tokopedia Garage. “Masyarakat bisa membeli kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, dengan diskon hingga Rp 10 juta melalui Tokopedia Garage,” tambah Leo. 

Hal ini sejalan dengan salah satu komitmen ‘Tiga Nol’ GoTo, dalam hal ini Nol Emisi Karbon (Zero Emission), sekaligus mendukung program pemerintah dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement