Selasa 25 Jul 2023 12:21 WIB

Kanada Rilis Kerangka Kerja untuk Hapus Subsidi Bahan Bakar Fosil 

Ini memastikan dukungan untuk migas hanya pada proyek yang mengurangi emisi gas.

Gedung berkonsep net zero carbon. Kanada pada Senin (24/7/2023) merilis kerangka kerja untuk menghilangkan subsidi bahan bakar fosil yang tidak efisien.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gedung berkonsep net zero carbon. Kanada pada Senin (24/7/2023) merilis kerangka kerja untuk menghilangkan subsidi bahan bakar fosil yang tidak efisien.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Kanada pada Senin (24/7/2023) merilis kerangka kerja untuk menghilangkan subsidi bahan bakar fosil yang tidak efisien. Ini menjadikannya negara G-20 pertama yang memenuhi komitmen 2009 untuk merasionalisasi dan menghentikan dukungan pemerintah untuk sektor tersebut.

Analis kebijakan iklim mengatakan, kerangka itu merupakan langkah maju yang penting, tetapi gagal dengan terus mengizinkan dukungan pemerintah untuk proyek minyak dan gas yang berencana mengurangi emisi melalui teknologi, seperti penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS).

Baca Juga

Kerangka kerja ini akan berlaku untuk tindakan pajak yang ada dan 129 tindakan bukan pajak. Meski demikian, Kanada tidak akan membatalkan perjanjian subsidi multitahun yang sudah ada.

Pemerintah belum memberi nilai pada subsidi yang terkena dampak atau menerbitkan inventaris tentang subsidi mana yang termasuk.

"Ini memastikan bahwa satu-satunya dukungan federal untuk minyak dan gas diberikan kepada proyek-proyek yang mendekarbonisasi sektor tersebut dan menghasilkan pengurangan emisi gas rumah kaca yang signifikan," kata Menteri Lingkungan federal Steven Guilbeault dalam konferensi pers.

Bahan bakar fosil aktif akan dikecualikan dari kerangka kerja jika termasuk dalam salah satu dari enam kategori. Enam kategori itu adalah memungkinkan pengurangan emisi karbon yang signifikan, mendukung energi bersih, menyediakan energi penting bagi masyarakat terpencil atau dukungan jangka pendek untuk tanggap darurat, mendukung partisipasi masyarakat adat dalam kegiatan bahan bakar fosil atau merupakan proyek yang memiliki rencana kredibel untuk mencapai net-zero pada 2030.

Penghapusan subsidi bahan bakar fosil adalah bagian dari kesepakatan 2022 yang ditandatangani antara minoritas Perdana Menteri Justin Trudeau Liberal dan Partai Demokrat Baru (NDP), yang meresmikan dukungan NDP untuk pemerintah.

Kritikus NDP untuk Perubahan Iklim dan Lingkungan, Laurel Collins, mengatakan aturan baru itu tidak cukup jauh. "Meskipun kami tahu bahwa kami harus berjuang mati-matian untuk membawa kaum Liberal ke tempat mereka sekarang, jelas bahwa pengumuman ini tidak memenuhi urgensi saat bencana iklim membahayakan semua yang kami hargai," kata Collins.

Kanada, produsen minyak terbesar keempat di dunia, mengharapkan teknologi untuk memainkan peran utama dalam dekarbonisasi industri dan tahun lalu mengumumkan kredit pajak investasi CCS.

Ottawa berencana merilis kerangka kerja untuk menghentikan pembiayaan publik proyek bahan bakar fosil dalam tahun depan. "Pemerintah Kanada harus segera mengambil langkah terakhir dan mengakhiri semua pembiayaan fosil, tanpa ada celah untuk gas fosil, hidrogen fosil, atau CCS," ujar manajer program Pertahanan Lingkungan Julia Levin dalam sebuah pernyataan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement