Senin 24 Jul 2023 17:41 WIB

Mother Bank, Band Emak-Emak Nyentrik Ajak Hindari Rentenir

Mother Bank mengangkat isu sosial dari daerahnya.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ahmad Fikri Noor
Personel Mother Bank, grup musik viral asal Majalengka, Jawa Barat.
Foto: Mother Bank
Personel Mother Bank, grup musik viral asal Majalengka, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan viral sebuah girl band Indonesia yang berbeda dari biasanya. Mother Bank adalah girl band yang beranggotakan kebanyakan ibu-ibu atau emak-emak asal Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Gayanya yang nyentrik dan terkesan berbeda menjadi sorotan publik. Dalam unggahan terbaru di akun Instagram @mother.bank, para personel mengenakan gamis panjang berwarna pink ditambah dengan aksesoris kacamata hitam dan penutup kepala menjulang tinggi.

Baca Juga

Mother Bank terbentuk dari gagasan eksperimental berbentuk bank keliling pada awalnya. Anggota ini berisikan 12 orang.

Pembentukannya atas inisiatif dari Badan Kajian Pertahanan. Berbeda dengan bank keliling pada umumnya, Mother Bank dikelola secara bersama dan menerapkan bunga pinjaman nol persen.

 

Uniknya, tidak hanya menjalankan tugas utamanya, grup ini juga justru aktif bermusik. Dalam unggahan @kulturdomestik, Mother Bank telah mengeluarkan mini album perdana berjudul "Tanggung Renteng" yang dirilis pada 19 Juni 2023.

"Dengan diiringi musik keramik yang dikenalkan oleh Jatiwangi Art Factory, Mother Bank telah menghasilkan mini album berjudul "Tanggung Renteng" dan telah dirilis 19 Juni lalu di bawah label @yesnowavemusic," kata akun tersebut.

Lewat album tersebut, Mother Bank menyampaikan isu-isu berlatar sosial yang ada di daerah mereka. Salah satu lagu dalam album ini adalah "Jalan-Jalan" yang membagikan keresahan para perempuan sebagai nasabah bank keliling dengan bunga cicilan cukup tinggi.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement