REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) menggelar sesi edukasi keuangan pada Sabtu (24/5/2025) melalui board game interaktif bertema keuangan dan asuransi sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) mereka, PELITA. Kegiatan ini mengajak 25 anak binaan ISCO Foundation dari jenjang SD hingga SMA/K di Kebon Melati, Jakarta Pusat, untuk belajar mengelola uang jajan, menabung, dan memahami pentingnya perlindungan sejak dini dengan cara yang menyenangkan dan relevan dengan keseharian mereka.
Kegiatan ini merupakan bagian dari peluncuran perdana board game edukatif yang dikembangkan MSIG Life bersama KINKO, lembaga edukasi finansial untuk anak. ISCO Foundation sendiri merupakan lembaga sosial yang fokus pada pemberdayaan pendidikan anak dari keluarga prasejahtera.
“MSIG Life berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan jangka panjang keluarga Indonesia, termasuk melalui edukasi keuangan sejak dini. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan dekat dengan keseharian anak-anak, kami berharap dapat menanamkan kebiasaan positif dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya mengelola keuangan dan memiliki perlindungan asuransi,” ujar Herman Sulistyo, Direktur MSIG Life.
Edukasi keuangan melalui permainan ini menjadi cara efektif untuk menjawab tantangan yang dihadapi anak-anak binaan ISCO Foundation — yang sebagian besar berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi dan belum terbiasa menabung, merencanakan penggunaan uang, atau memahami pentingnya perlindungan asuransi.
“Dengan metode pembelajaran berbasis permainan, anak-anak bisa memahami uang sebagai alat untuk mencapai tujuan. Mereka belajar menyusun rencana, membuat pilihan yang lebih bijak, dan membangun kebiasaan finansial yang sehat,” ujar Julinda Dewi Simbolon, Direktur Eksekutif ISCO Foundation.
Selama sesi, anak-anak juga diajak menuliskan komitmen pribadi — langkah kecil yang bisa mereka lakukan setiap hari, seperti menyisihkan uang jajan untuk ditabung. Mereka dibimbing oleh relawan dari MSIG Life dan MSIG Indonesia yang berperan sebagai edukator dan konsultan keuangan selama permainan berlangsung.
Program ini merupakan bagian dari fase pertama PELITA, kolaborasi tiga tahun antara MSIG Life dan ISCO Foundation yang mendukung 69 anak melalui pembiayaan pendidikan, peningkatan fasilitas belajar, pemberian makanan bergizi, dan pelibatan orang tua dalam proses pendidikan.
“PELITA berarti cahaya harapan. Melalui program ini, kami ingin membantu keluarga menjadi lebih kuat, sejahtera, dan berdaya dalam menghadapi tantangan. Upaya ini menegaskan peran kami sebagai mitra terpercaya untuk mendampingi keluarga Indonesia melangkah ke masa depan dengan percaya diri dan hidup yang lebih bermakna,” tutup Lukman Auliadi, Head of Customer & Marketing MSIG Life.