Senin 24 Jul 2023 13:57 WIB

BMW tak Mau Tertinggal di Pasar Mobil China, Pusat R&D Baru pun Dibuka di Shanghai

China satu-satunya negara yang memiliki litbang BMW lengkap di luar Jerman.

Kendaraan ke-5 juta BMW Brilliance Automotive Ltd (BBA) terlihat di pabrik yang berlokasi Distrik Tiexi Shenyang, Provinsi Liaoning, China timur laut, pada Februari 2023.
Foto: Xinhua
Kendaraan ke-5 juta BMW Brilliance Automotive Ltd (BBA) terlihat di pabrik yang berlokasi Distrik Tiexi Shenyang, Provinsi Liaoning, China timur laut, pada Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,SHANGHAI-BMW Group membuka fasilitas penelitian dan pengembangan baru di Shanghai minggu lalu. Hal itu ditargetkan dapat membantu strategi lokalisasi pembuat mobil premium asal Jerman tersebut di pasar kendaraan terbesar di dunia.

“China adalah rumah bagi sistem R&D BMW terbesar di luar Jerman, dengan fasilitas di Beijing, Shanghai, Shenyang di provinsi Liaoning dan Nanjing di provinsi Jiangsu,” kata produsen mobil yang berbasis di Munich itu.

Baca Juga

Frank Weber, anggota dewan BMW yang bertanggung jawab untuk pengembangan, berkata: "China adalah tempatnya. Ke depan, akan ada lebih banyak lagi pusat R&D seluruh dunia yang berlokasi di China."

Di seluruh dunia, pembuat mobil ini memiliki fasilitas Litbang di 17 negara. Dikatakan China adalah satu-satunya negara di luar Jerman dengan kemampuan R&D yang lengkap. Fasilitas dan proses di China sama canggihnya dengan yang ada di kantor pusat produsen mobil tersebut di Jerman.

Kemampuan R&D lokal mendorong strategi BMW di China. BMW mengatakan sekarang ada 3.200 karyawan R&D di China menggunakan keahlian mereka untuk mengembangkan produk bagi pelanggan China.

Misalnya, sekitar 70 persen fungsi di Sistem Operasi BMW 9 dibuat khusus untuk pelanggan China.

BMW mengatakan tim R&D China telah terlibat dalam desain, pengembangan, pengujian, dan validasi sedan BMW i5 all-electric yang diproduksi secara lokal.

Ditambahkan bahwa sejumlah fitur inovatif dari China akan menjadi sorotan dari model Neue Klasse mendatang, yang akan menjadi sangat penting dalam kampanye elektrifikasi produsen mobil tersebut.

Menurut Asosiasi Produsen Otomotif China, China adalah pasar terbesar di dunia untuk kendaraan listrik dan hibrida plug-in, dengan penjualan diperkirakan mencapai 9 juta unit tahun ini.

BMW telah menjadi salah satu pembuat mobil internasional pertama yang membangun fasilitas pengembangan NEV di negara tersebut. Pusat baterai pertamanya di luar Jerman dengan kemampuan baterai penuh didirikan pada 2017 di China. Pusat Litbangnya di Shenyang berfokus pada pengembangan teknologi elektrifikasi, lokalisasi produk, kalibrasi, dan validasi selama lebih dari 10 tahun.

Fase dua fasilitas Shenyang yang baru-baru ini diperluas telah memperkuat pengembangan proses penuh dan kemampuan validasi BMW untuk kendaraan energi baru yang diproduksi secara lokal.

BMW mengatakan fasilitas tersebut mencakup 19 laboratorium baru, 17 di antaranya didedikasikan untuk menguji kendaraan energi baru.

China juga merupakan rumah bagi pengujian dan validasi terbesar BMW di luar Jerman.

Sejauh ini, BMW telah meluncurkan kendaraan listrik produksi lokal termasuk sedan i3, serta SUV iX1 dan iX3. BMW juga dijadwalkan meluncurkan i5, sedan all-electric ukuran sedang hingga besar di  akhir tahun ini.

Selain memperkuat upaya R&D-nya , BMW telah bergandengan tangan dengan mitra lokal China, termasuk Tencent, Alibaba, China Unicom, Navinfo, dan Huawei. Ini juga bermitra dengan universitas ternama seperti Tongji dan Tsinghua.

Selain itu, telah menandatangani memo dengan China Automotive Technology & Research Center untuk kerja sama di berbagai bidang seperti kendaraan cerdas, kendaraan energi baru, dan keselamatan kendaraan.

BMW mengatakan kedua pihak telah sepakat untuk melakukan pertukaran dan diskusi tentang kebijakan dan peraturan, mempromosikan standardisasi dalam kerangka ekosistem kendaraan yang terhubung secara cerdas, dan memajukan pengembangan ICV dan NEV di China.

sumber : chinadaily.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement