Sabtu 22 Jul 2023 22:30 WIB

Pemerintah Apresiasi Pengolahan Tanaman Rumbia jadi Sagu

Hilirisasi rumbia menunjukkan bahan baku lokal bisa diolah dan bernilai tambah.

Pekerja membungkus tepung sagu menggunakan daun rumbia (ilustrasi).
Foto: Antara
Pekerja membungkus tepung sagu menggunakan daun rumbia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita mengapresiasi PT Bangka Asindo Agri, di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang berhasil mengolah tanaman rumbia menjadi tepung sagu.

"Saya memberikan apresiasi atas keberhasilan perusahaan itu mampu mengelola tanaman rumbia secara profesional, sehingga menjadi tepung sagu yang berkualitas," kata Reni.

Baca Juga

Mengelola rumbia menjadi makanan tepung sagu merupakan cara yang tepat. Seban dengan begitu, pelaku usaha mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah.

Tanaman rumbia merupakan tanaman hutan yang tumbuh di rawa-rawa, dulunya belum maksimal dimanfaatkan, kemudian berhasil diolah dengan mesin yang canggih menjadi tepung sagu yang sangat bermanfaat. Selain tanaman rumbia yang menjadi bahan pokok tepung sagu, perusahaan tersebut pula mengembangkan produksi sagu berbahan singkong kasesa.

"Produk sagu yang dihasilkan sangat baik karena mengandung freegluten, kandungan seratnya lebih tinggi dan baik untuk kesehatan," kata Reni.

Business Development Director PT BAA Harry Pujiansyah mengatakan tanaman singkong dan rumbia yang berhasil dikembangkan untuk bahan membuat berbagai macam makanan olahan seperti Sago Mie.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement