Jumat 21 Jul 2023 14:54 WIB

ASDP Layani 1,065 Juta Kendaraan Logistik pada Semester I 2023

ASDP membidik target penumpang yang dilayani sebanyak 9,9 juta orang.

ASDP telah menyiapkan Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) termasuk taman rekreasi Krakatau Park menyambut pengunjung dalam momen libur Hari Raya Idul Adha.
Foto: dok. Republika
ASDP telah menyiapkan Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) termasuk taman rekreasi Krakatau Park menyambut pengunjung dalam momen libur Hari Raya Idul Adha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pada semester I 2023 telah melayani 1,065 juta kendaraan logistik yang terdiri atas kendaraan golongan IV B, V B, VI B, VII, VIII, dan IX.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan bahwa saat pandemi COVID-19 pada 2020, tren penumpang maupun kendaraan penumpang yang menggunakan kapal feri mengalami penurunan cukup drastis dibandingkan 2019.

Pemicunya, pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bahkan sempat menutup layanan bagi penumpang secara total pada masa pandemi di awal 2020 yang berdampak pada berkurangnya mobilitas masyarakat.

"Namun, untuk layanan sektor logistik masih beroperasi normal sehingga ASDP tetap melayani secara penuh truk logistik yang membawa barang kebutuhan untuk tetap menjaga pasokan di daerah tetap stabil. Layanan sektor logistik ini lah yang masih menopang bisnis penyeberangan ASDP hingga saat ini," kata Ira dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (21/7/2023).

Pemerintah, lanjut dia, sejak awal pandemi Covid-19 sangat mendukung aktivitas sektor logistik melalui penyeberangan, di mana tidak ada pembatasan bagi angkutan barang demi menyokong stabilitas bahan pokok di seluruh daerah.

"Jika melihat angka, tren pengangkutan logistik melalui feri terus meningkat tiap tahunnya dan ini yang menjadi tumpuan kelangsungan bisnis ASDP," ungkapnya.

Dari angka produksi tersebut, pada periode Januari-Juni 2023, ASDP berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 699 miliar dari total 1,065 juta kendaraan logistik dan naik 31 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp 534 miliar.

Sementara dari barang curah yang diangkut sebanyak 1,2 juta ton barang, dengan total pendapatan sekitar Rp 7,6 miliar. Pada 2023, ASDP menargetkan dapat meraih total pendapatan sebesar Rp 5,6 triliun dengan capaian laba bersih sekitar Rp 700 miliar.

Adapun produksi penyeberangan pada 2023, ASDP membidik target penumpang yang dilayani sebanyak 9,9 juta orang, kendaraan roda dua dan tiga sebanyak 6,5 juta unit, kendaraan roda empat sebanyak 6,6 juta unit, dan total barang yang diangkut sebanyak 1,9 juta ton.

ASDP terus berupaya untuk menjaga stabilitas bisnis pasca Covid-19 dengan melakukan efisiensi dan memprioritaskan program yang mendatangkan profit.

ASDP terus mengakselerasi digitalisasi penyeberangan melalui layanan online ticketing Ferizy yang telah berlaku di empat pelabuhan utama, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk serta penerapan metode pembayaran non-tunai (cashless) dengan kartu uang elektronik, virtual account, dan dompet elektronik yang penerapannya pada lebih dari 25 pelabuhan ASDP yang telah mencapai 100 persen.

ASDP juga optimistis bisnis penyeberangan pasca Covid-19 kian moncer dengan terus menghadirkan layanan prima, khususnya bagi sektor logistik yang menjadi penopang kinerja perusahaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement