Rabu 12 Jul 2023 12:33 WIB

Yaah, Uji Coba Naik LRT untuk Masyarakat tak Jadi Hari Ini

Masyarakat dapat mengikuti uji coba terbatas LRT pada 27 Juli hingga 15 Agustus.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Light Rail Transit atau LRT Jabodebek saat akan melaju dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur, Jawa Barat, Kamis (6/7/2023). LRT Jabodebek akan segera melakukan uji coba untuk penumpang umum pada tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 dan akan resmi beroperasi mulai tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Pada masa uji coba penumpang hanya dikenakan tarif sebesar  Rp1 dengan Jumlah kapasitas penumpang sebanyak 150 per rangkaian LRT. Moda transportasi tanpa masinis tersebut memiliki tiga line antara lain Cawang-Bekasi, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Dukuh Atas dengan waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya sekitar 45 menit. Sementara untuk  Kapasitas maksimum LRT sebanyak 1.308 penumpang.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Light Rail Transit atau LRT Jabodebek saat akan melaju dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur, Jawa Barat, Kamis (6/7/2023). LRT Jabodebek akan segera melakukan uji coba untuk penumpang umum pada tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023 dan akan resmi beroperasi mulai tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Pada masa uji coba penumpang hanya dikenakan tarif sebesar Rp1 dengan Jumlah kapasitas penumpang sebanyak 150 per rangkaian LRT. Moda transportasi tanpa masinis tersebut memiliki tiga line antara lain Cawang-Bekasi, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Dukuh Atas dengan waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya sekitar 45 menit. Sementara untuk Kapasitas maksimum LRT sebanyak 1.308 penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat sebelumnya sudah melakukan pendaftaran untuk menjadi peserta uji coba terbatas LRT Jabodebek yang seharusnya dilakukan mulai hari ini (12/7/2023). Hanya saja, jadwal uji coba terbatas bersama masyarakat harus diundur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, jadwal uji coba bersama masyarakat diundur karena untuk memastikan sejumlah hal. "Keselamatan adalah satu hal yang paling penting dalam kegiatan transportasi," kata Budi saat membuka acara uji coba terbatas LRT Jabodebek bersama stakeholder, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga

Budi memastikan, sebelum menyertakan masyarakat umum, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub dan stakeholders terkait akan melalukan uji coba secara bertahap terlebih dahulu.

Selanjutnya, masyarakat dapat mengikuti uji coba terbatas LRT Jabodebek pada 27 Juli hingga 15 Agustus 2023. "Sehingga diharapkan 27 Juli 2023 sudah lebih mapan, akan kita tingkatkan. Itu tak lain upaya kita untuk melaksanakan kegiatan dengan baik," ujar Budi.

Sebelumnya Divisi LRT Jabodetabek KAI membuka pendaftaran uji coba terbatas dengan masyarakat secara daring. Tidak sampai dua jam, kuota yang disediakan langsung habis karena minat masyarakat cukup tinggi dan pendaftaran ditutup.

Uji coba terbatas dengan masyarakat akan dilakukan dengan tarif Rp 1. Hal tersebut merupakan bagian dari persiapan sebelum operasional komersil pada 18 Agustus 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement