Jumat 07 Jul 2023 18:41 WIB

AP I Bertekad Lakukan Transformasi Menyeluruh

Upaya itu diharap meningkatkan kinerja dan bisnis yang berkelanjutan bagi AP I.

Logo Angkasa Pura (AP) I
Foto: AP I
Logo Angkasa Pura (AP) I

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura I (AP I) berkomitmen untuk menerapkan transformasi bisnis perusahaan secara menyeluruh demi mencapai target perusahaan pada 2023. Transformasi bisnis dibentuk berdasarkan visi yang diterapkan, yakni Connecting the World Beyond Airport Operator with Indonesian Experience.

"Upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan menciptakan bisnis ke depan yang berkelanjutan bagi AP I," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi di Jakarta, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan, langkah transformasi perusahaan tersebut terdiri dari empat pilar. Yakni transformasi bisnis (business turnaround), organisasi dan budaya (organization and culture), restrukturisasi keuangan (financial restructuring), dan transformasi digital.

Dalam pilar business turnaround, perusahaan telah melakukan evaluasi potensi peningkatan trafik dan pendapatan, melaksanakan inisiatif revenue growth, optimalisasi biaya operasional melalui negosiasi kontrak vendor di seluruh bandara, dan implementasi airport operational based on traffic untuk optimalisasi biaya operasional dan SDM di bandara.

Melalui transformasi organizational and culture, AP I melakukan sejumlah inisiatif. Seperti, rightsizing the organization, peningkatan employee skill and capability, peningkatan employee engagement and culture serta penguatan fungsi manajemen risiko dan mempercepat proses pengambilan keputusan melalui peningkatan likuiditas the four eyes principles, dan implementasi enterprise performance management berbasis airport.

Sedangkan dalam hal financial restructuring, AP I meningkatkan performa finansial melalui peningkatan likuiditas deleveraging initiatives, rencana optimalisasi portofolio anak perusahaan melalui airport service and cargo cluster subholding, dan identifikasi bandara dan/atau klaster bandara dengan skema spin off serta kerja sama optimalisasi pemanfaatan aset.

"Kami berharap peningkatan peringkat kredit AP I menjadi AA(idn) outlook positif dari Fitch yang dicapai berkat empat pilar transformasi perusahaan ini dapat menjadi momentum AP I untuk rebound to win dan bangkit lebih cepat lagi," ucap Faik.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement