Sabtu 01 Jul 2023 01:10 WIB

Pemkab Batang Sambut Positif Kehadiran Investor AS di KITB

Masuknya perusahaan panel surya AS ini akan membawa dampak positif bagi warga.

Tampak maket Kawasan Industri Terpadu Batang
Foto: https://www.batangindustrialpark.com/
Tampak maket Kawasan Industri Terpadu Batang

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah menyambut positif kehadiran investor Amerika Serikat (AS) SEG Solar yang akan menanamkan investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) senilai Rp 7,5 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batang Wahyu Budi Santosa, di Batang, Jumat (30/6/2023), mengatakan, masuknya perusahaan panel surya AS ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan pembangunan dan dan kesejahteraan warga.

Baca Juga

"Hal yang sangat positif dengan hadirnya investor dari Amerika Serikat itu, tentunya akan memajukan pembangunan di daerah, kesejahteraan masyarakat, dan peluang tenaga kerja," kata Wahyu.

Ia didampingi Kepala Bidang Penanaman Modal Cahyaningrum mengatakan, pemkab siap memfasilitasi permohonan perizinan yang dibutuhkan oleh para investor melalui aplikasi sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Pemkab berharap semoga investasi asal Amerika Serikat ini dapat segera terealisasi.

"Karena hal itu akan memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah sekaligus devisa negara," katanya pula.

Direktur Utama KITB Ngurah Wirawan mengatakan, Kawasan Industri Terpadu Batang kini semakin merambat cepat menuju lahan Fase 2, karena banyak dilirik oleh perusahaan mapan internasional. "Di antaranya, SEG Solar Inc bersama ATW Group (mitra Indonesia) perusahaan panel dan modul surya yang berasal dari Amerika Serikat hadir di Kawasan Industri Terpadu Batang," kata Wirawan.

Ia berharap kemitraan dengan SEG Solar Inc dapat membawa banyak produksi energi terbaru ke negara ini. Ini merupakan kolaborasi saling menguntungkan, yang akan memastikan pasokan bahan inti yang stabil dan hemat biaya untuk modul surya SEG dan menciptakan lapangan kerja bagi ekonomi lokal di Indonesia.

"Kehadiran SEG Solar Inc menjadi pengaruh besar dalam mempercepat implementasi energi di Indonesia. Selain itu, kehadiran SEG Solar Inc mengundang persiapan warga Kabupaten Batang mengisi kebutuhan tenaga kerja yang diperkirakan membutuhkan 2.000 pekerja," kata Wirawan pula.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement