Selasa 27 Jun 2023 10:12 WIB

Setelah 10 Tahun, Bisakah Baterai Mobil Listrik Dipakai untuk Kedua Kalinya?

Kehidupan kedua untuk baterai kendaraan listrik sulit dan memakan biaya lebih besar.

Seseorang memegang colokan ke soket mobil di terminal pengisian daya untuk kendaraan bertenaga listrik di Brussel, Belgia, 13 Januari 2023.
Foto:

Dua Kali Harga Baru

Penggunaan baterai EV untuk menggerakkan apa pun mulai dari mobil klasik berbahan bakar fosil hingga perahu mendorong harga menjadi 235 dolar AS per kilowatt hour (KWh) pada akhir 2022. Menurut CES, ini sekitar dua kali lipat harga yang dibayarkan pembuat mobil besar untuk baterai baru.

Tesla Model 3 jarak jauh memiliki paket baterai 75 KWh. Pada tingkat itu, biayanya 17.625 dolar AS di pasar bekas.

Pembuat mobil dan baterai semakin menawarkan sistem penyimpanan energi menggunakan baterai baru. Meskipun lebih banyak energi dan karenanya padat karbon, daur ulang juga menghadirkan bentuk persaingan lain untuk digunakan kembali karena permintaan bahan sel membuatnya menarik secara ekonomi.

"Pertanyaan besarnya adalah, jika Anda memiliki bahan mentah yang cukup berharga di dalam sebuah baterai dan Anda bertanya 'bagaimana saya bisa memanfaatkannya secara maksimal?' jawabannya adalah mendaur ulang mungkin lebih baik," kata Thomas Becker, kepala keberlanjutan di BMW yang memiliki fasilitas penyimpanan baterai masa pakai kedua di pabriknya di Leipzig.

Lonjakan Permintaan

Permintaan baterai bekas untuk penyimpanan kemungkinan akan melonjak karena energi terbarukan yang terputus-putus mengambil peran lebih besar. Pada tahun 2030, kapasitas baterai global untuk penyimpanan jaringan dapat tumbuh hingga 680 gigawatt hour (GWh), dari 16 GWh pada akhir tahun 2021, menurut perkiraan Badan Energi Internasional yang berbasis di Paris.

Inggris sendiri membayar sekitar 1 miliar pound (1,27 miliar dolar AS) setiap tahun untuk mematikan ladang angin ketika jaringan tidak membutuhkan daya. Belum ada cara untuk menyimpannya karena kekurangan baterai. 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement