Senin 26 Jun 2023 09:17 WIB

Pertumbuhan Energi Terbarukan tidak Kurangi Dominasi Bahan Bakar Fosil pada 2022

Pertumbuhan tenaga terbarukan melambat, tetapi kapasitas tenaga surya meningkat pesat

Petugas melakukan perawatan panel surya pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (21/9). Permintaan energi global naik 1 persen pada tahun lalu.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Petugas melakukan perawatan panel surya pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (21/9). Permintaan energi global naik 1 persen pada tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Permintaan energi global naik 1 persen pada tahun lalu. Rekor pertumbuhan energi terbarukan tidak mengubah dominasi bahan bakar fosil, yang masih menyumbang 82 persen dari pasokan.

Hal itu dilaporkan Tinjauan Statistik Energi Dunia industri yang dirilis Senin (26/6/2023). Tahun lalu ditandai oleh gejolak di pasar energi setelah invasi Rusia ke Ukraina, yang membantu mendorong harga gas dan batu bara ke level rekor di Eropa dan Asia.

Baca Juga

Keunggulan produk minyak, gas, dan batu bara yang membandel dalam memenuhi sebagian besar permintaan energi semakin kuat pada tahun 2022. Pada saat yang sama, terjadi pula peningkatan dalam kapasitas energi terbarukan pada gabungan 266 gigawatt, dengan pertumbuhan tenaga angin bertenaga surya, kata laporan itu.

"Meskipun pertumbuhan angin dan matahari semakin kuat di sektor listrik, emisi gas rumah kaca terkait energi global secara keseluruhan meningkat lagi," kata presiden badan industri global Energy Institute yang berbasis di Inggris, Juliet Davenport.

"Kami masih menuju ke arah yang berlawanan dengan yang disyaratkan oleh Perjanjian Paris."

Laporan tahunan, tolok ukur untuk industri, diterbitkan pertama kali oleh Energy Institute bersama dengan konsultan KPMG dan Kearny setelah mereka mengambil alih dari BP, yang telah menulis laporan tersebut sejak tahun 1950-an. Para ilmuwan mengatakan dunia perlu mengurangi emisi gas rumah kaca sekitar 43 persen pada tahun 2030 dari tingkat 2019 untuk memiliki harapan memenuhi tujuan Perjanjian Paris internasional untuk menjaga pemanasan jauh di bawah 2C di atas tingkat pra industri.

Berikut adalah beberapa sorotan dari laporan statistik energi dunia pada tahun 2022.

KONSUMSI

  • Permintaan energi primer global tumbuh sekitar 1 persen, melambat dari tahun sebelumnya sebesar 5,5 persen. Tetapi, permintaan masih sekitar 3 persen di atas tingkat sebelum virus corona pada tahun 2019.
  • Konsumsi energi tumbuh di mana-mana selain Eropa, termasuk Eropa Timur.
  • Energi terbarukan, tidak termasuk tenaga air, menyumbang 7,5 persen dari konsumsi energi global, sekitar 1 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
  • Porsi bahan bakar fosil dalam konsumsi energi global tetap sebesar 82 persen.
  • Pembangkit listrik naik 2,3 persen, melambat dari tahun sebelumnya. Tenaga angin dan matahari tumbuh mencapai rekor 12 persen dari pembangkit listrik, sekali lagi melampaui nuklir, yang turun 4,4 persen, dan memenuhi 84 persen pertumbuhan permintaan listrik bersih.
  • Porsi batu bara dalam pembangkit listrik masih dominan sekitar 35,4 persen.

MINYAK

  • Konsumsi minyak meningkat 2,9 juta barel per hari (bph) menjadi 97,3 juta bph, dengan pertumbuhan melambat dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Dibandingkan dengan level sebelum Covid pada 2019, konsumsi minyak lebih rendah 0,7 persen.
  • Sebagian besar pertumbuhan permintaan minyak berasal dari selera yang bangkit kembali untuk bahan bakar jet dan produk terkait diesel.
  • Produksi minyak tumbuh sebesar 3,8 juta barel per hari, dengan bagian terbesar berasal dari anggota OPEC dan Amerika Serikat. Nigeria mengalami penurunan terbesar.
  • Kapasitas penyulingan minyak tumbuh sebesar 534.000 bpd, terutama di negara-negara non-OECD.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement