Ahad 25 Jun 2023 10:49 WIB

Mengapa Produsen Otomotif Dilarang Menghapus Radio AM di Mobil-Mobil Baru?

Radio AM dapat menyebabkan gangguan pada kendaraan listrik

Mobil listrik BMW iX ditampilkan selama tur media di pabrik pembuat mobil Jerman BMW di San Luis Potosi, Meksiko, 3 Februari 2023.
Foto: Reuters
Mobil listrik BMW iX ditampilkan selama tur media di pabrik pembuat mobil Jerman BMW di San Luis Potosi, Meksiko, 3 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Dua senator AS menyurati tujuh pembuat mobil besar pada Jumat mendesak mereka untuk tidak menghapus radio AM dari kendaraan baru.

Senator Ted Cruz, Republikan, teratas di Komite Perdagangan Senat, dan Ed Markey dari Demokrat, yang juga duduk di panel, menulis kepada BMW, Volkswagen, Tesla, Mazda, Polestar, Rivian, dan Volvo Cars, meminta mereka berkomitmen sebelum 7 Juli untuk menyertakan radio AM di kendaraan baru.

Baca Juga

"Melestarikan radio AM tidak hanya sejalan dengan meningkatnya pengakuan akan signifikansinya, tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap keselamatan publik dan memenuhi harapan konsumen," tulis para senator.

Pembuat mobil tidak segera berkomentar. Beberapa mengatakan radio AM dapat menyebabkan gangguan pada kendaraan listrik.

 

Ford Motor mengatakan bulan lalu mengubah kebijakan dan tidak menghapus radio siaran AM sebagai fitur pada kendaraan model 2024 setelah anggota parlemen memperkenalkan undang-undang yang mewajibkan mereka, terkait masalah keamanan tentang peringatan darurat.

Markey mengatakan bulan lalu tujuh pembuat mobil telah memilih untuk menghapus radio siaran AM dari kendaraan listrik mereka.

Anggota parlemen mengatakan kehilangan radio AM merusak sistem federal untuk menyampaikan informasi keselamatan publik utama kepada publik.

"Radio AM mencakup area geografis yang lebih luas daripada sinyal radio FM atau menara seluler dan terus berfungsi dengan andal selama badai, tornado, atau peristiwa cuaca buruk lainnya ketika jaringan komunikasi lain mungkin menghadapi pemadaman," kata Cruz dan Markey.

Alasan pengusaha menolak radio AM ...

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement