Selasa 20 Jun 2023 16:13 WIB

PTPN Siapkan Pembangunan Dua Pabrik Bioetanol

Penambahan pabrik dapat direalisasikan bila rencana perluasan lahan tebu terlaksana.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III menyatakan bakal menambah dua pabrik bioetanol untuk mendukung penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bioetanol lima persen oleh PT Pertamina (Persero).
Foto:

PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat diketahui segera meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) terbarunya, yakni Bioetanol. BBM ini dibuat dengan campuran bensin dengan lima persen molasses atau tetes tebu yang diproduksi di dalam negeri. 

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menyampaikan, BBM Bioetanol masuk ke dalam kelompok gasoline. Dengan kata lain, BBM Bioetanol dapat dipakai bagi kendaraan yang biasa mengonsumsi bahan bakar seperti Pertalite, maupun Pertamax cs. 

“Jadi, kendaraan yang berbahan bakar gasoline bisa menggunakan, sedangkan kendaraan dengan bahan bakar solar tidak bisa,” kata Irto kepada Republika.co.id. 

 

Adapun, Irto menjelaskan, BBM Bioetanol memiliki tingkat kandungan oktan atau RON 95. Artinya, kualitas Bioetanol akan berada di atas Pertamax (RON 92) namun di bawah Pertamax Turbo (RON 98) yang diproduksi Pertamina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement