Selasa 13 Jun 2023 00:01 WIB

Pabrikan Mobil Listrik China Ini Turunkan Harga Semua Produknya Karena Terus Merugi

Perang harga membuat Nio mengalami kerugian.

Logo produsen mobil listrik (EV) China Nio terpampang di pusat pengiriman produksi mobilnya di Nanxiang, Shanghai, China 23 Maret 2023.
Foto: Reuters
Logo produsen mobil listrik (EV) China Nio terpampang di pusat pengiriman produksi mobilnya di Nanxiang, Shanghai, China 23 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,SHANGHAI- Produsen mobil listrik China, Nio akan menurunkan harga untuk semua modelnya. Selain itu, Nio juga dan mengakhiri layanan pertukaran baterai gratis untuk pembeli baru.

Kebijakan yang diumumkan Nio pada Senin (12/6/2023) itu untuk menghadapi tekanan yang meningkat atas pendapatan yang merugi dan juga tekanan pada penjualan.

Baca Juga

Nio akan memangkas harga sebesar 30.000 yuan atau 4.200 dolar AS yang setara Rp 63 juta  dengan kurs Rp 15 ribu per dolar AS untuk semua model termasuk kendaraan utilitas sport ES6 dan ES8 dan berlaku mulai 12 Juni. Penurunan harga itu setara dengan diskon mulai dari 6 persen hingga 9 persen untuk mobil Nio.

“Perusahaan juga tidak akan lagi memberikan layanan penukaran baterai gratis kepada pembeli yang melakukan deposit pada hari Senin dan seterusnya,” kata pernyataan perusahaan.

Lebih dari 40 merek mobil yang beroperasi di China termasuk BYD dan Volkswagen telah bergabung dalam perang harga yang dimulai oleh Tesla di awal tahun ini dalam memperebutkan pangsa pasar karena permintaan mobil di China merosot. Namun langkah Tesla itu menyebar ke seluruh industri otomotif yang lebih luas di negara ini.

"Penyesuaian telah didiskusikan secara internal cukup lama dan kami menerima saran dan saran dari beberapa pengguna," kata CEO Nio William Li di aplikasi media sosial perusahaan, merujuk pada pemotongan harga dan kebijakan baru tentang penggantian baterai.

"Ini adalah waktu terbaik untuk mempublikasikannya... tapi kami tidak bisa membuat semua orang senang," katanya lagi.

Nio telah menawarkan layanan penukaran secara gratis setidaknya empat kali setiap bulan kepada pemilik yang sudah ada. Ini adalah salah satu dari segelintir pembuat EV yang bertaruh pada penggantian baterai sebagai opsi daya utama untuk mobil listrik. Sementara saingan utamanya Tesla tidak menerapkan kebijakan penggantian baterai dengan alasan opsi itu "penuh dengan masalah dan tidak cocok untuk penggunaan skala besar".

Nio mengatakan pada Februari pihaknya akan mempercepat perluasan jaringan batter swappingnya dengan rencana untuk membangun 1.000 stasiun swapping di China tahun ini untuk menambah jumlahnya menjadi 2.300 pada akhir tahun.

Investasi perusahaan yang merugi di stasiun pertukaran baterai, bagaimanapun, telah dipertanyakan oleh investor Nio karena menyeret profitabilitasnya. Kerugian bersihnya mencapai 4,7 miliar yuan pada kuartal pertama, dibandingkan dengan 1,8 miliar yuan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Penjualan Nio turun pada April dan Mei karena perang harga di China meningkat dan permintaan secara keseluruhan melemah. Dengan harga mobil listrik murni di atas 300.000 yuan, Nio mengirimkan 43.854 kendaraan dalam lima bulan pertama.

Sebagai perbandingan, penjualan Tesla di China lebih dari lima kali lipat penjualan Nio selama periode yang sama. Sementara BYD lebih tinggi lagi dengan menjual 923.343 mobil, berkat penawaran listrik murni dan hibrida plug-in dengan harga kurang dari 300.000 yuan.

Saham Nio di Hong Kong naik hampir 5 persen pada hari Senin. Saham telah merosot hampir 20 persen sepanjang tahun ini.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement