Sabtu 10 Jun 2023 00:55 WIB

Perluas Pasar Ekspor, Produk Maxindo Mejeng di PLMA Trade Expo Belanda

Keikutsertaan PT Maxindo dalam pameran tidak terlepas dari minat konsumen global

Dalam upaya makin memperluas negara tujuan ekpor dan memperkenalkan produk unggulan, PT Maxindo Karya Anugerah (PT Maxindo) mengikuti Private Label Manufacturers Association (PLMA) di Kota Amsterdam, Belanda.
Foto: dok istimewa
Dalam upaya makin memperluas negara tujuan ekpor dan memperkenalkan produk unggulan, PT Maxindo Karya Anugerah (PT Maxindo) mengikuti Private Label Manufacturers Association (PLMA) di Kota Amsterdam, Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam upaya makin memperluas negara tujuan ekspor dan memperkenalkan produk unggulan, PT Maxindo Karya Anugerah (PT Maxindo) mengikuti Private Label Manufacturers Association (PLMA) di Kota Amsterdam, Belanda. PLMA merupakan pameran dagang internasional “World of Private Label” untuk industri makanan dan minuman (Mamin). 

Marketing Director PT Maxindo Karya Anugerah, Garrett Kartono menjelaskan, pameran berskala internasional ini diselenggarakan pada 23-24 Mei 2023 ini khusus menampilkan produk-produk private label. Ajang PLMA telah berlangsung lebih dari 35 tahun, menyatukan pengecer dengan produsen untuk membantu mereka menemukan produk baru, membuat kontak baru, dan menemukan ide.

Ajang PLMA ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat di Eropa dan dunia. Dalam dua hari penyelenggaraan, acara yang dikuti oleh 2600 perusahaan dari 70 negara ini dihadri 15.000 orang pengunjung dari 120 negara.

“Keikutsertaan PT Maxindo di pameran internasional ini bertujuan untuk terus memperkenalkan produk – produk unggulan PT Maxindo yang berorientasi ekspor dan telah dipasarkan di 27 negara di dunia,” ungkapnya.

Menurutnya, keikutsertaan PT Maxindo dalam pameran tidak terlepas dari makin meningkatnya minat konsumen di Amerika dan Eropa terhadap produk makanan minuman (Mamin) asal Indonesia. Nilai Exsport PT Maxindo saat ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Selain itu keikutseraan di pameran PLMA di Amsterdam ini juga dalam rangka mendapatkan prospek ekspor terbaru serta mendapatkan insight mengenai trend makanan di dunia,” sambung Garrett.

Di ajang PLMA ini, lanjut dia, PT Maxindo menampilkan berbagai produk terbaiknya antara lain, Raw pellets yang berbasis umbi-umbian khas Indonesia. Selain itu, turut dipamerkan juga produk baru hasil pengembangan team research and development (RnD) PT Maxindo seperti gingerlime crackers, Vegan Prawn Crackers, Corn crisps,  dan produk-produk lainnya. 

Selain di Belanda, PT Maxindo juga mengikuti pameran internasional Sweet & Snack Expo 2023 pada 22 - 25 Mei, di McCormick Place, Chicago, Amerika Serikat. 

Sweets & Snacks Expo merupakan perdagangan permen dan makanan ringan terbesar dan terlengkap di Amerika. Ajang ini diikuti oleh 700 perusahaan internasional dan dihadiri oleh 16.000 pengunjung

Sweets & Snacks Expo juga merupakan sebuah ajang pameran yang menjadi pendorong yang signifikan dalam trend rasa dan produk untuk kategori makanan ringan dan permen bukan hanya di Amerika tapi juga di Eropa.

“Kedua pameran tersebut mendapatkan potensial customer besar baru yang akan kami segera follow up lebih lanjut,dimana booth kami dikunjungi lebih dari 100 pengunjung potensial . Produk – produk kami juga mendapat perhatian dari retail – retail besar di Amerika seperti Costco dan juga Circle K” ujar Garrett.

Di era globalisasi ini, minat konsumen di Amerika dan Eropa terhadap makanan eksotis dan berkualitas tinggi semakin meningkat. Salah satu tren terbaru yang memikat hati konsumen adalah eksplorasi bahan makanan tradisional dari berbagai belahan dunia. Dalam hal ini, PT Maxindo, perusahaan Indonesia yang berfokus pada eksplorasi umbi-umbian terbaik dari Indonesia, telah berhasil menarik perhatian konsumen di Amerika dan Eropa.

“Amerika dan Eropa merupakan pasar yang sangat beragam dan penuh dengan kesadaran akan kesehatan. Konsumen di sana semakin menyadari manfaat kesehatan dari makanan yang alami dan natural. Dalam hal ini, umbi-umbian menjadi pilihan yang menarik, karena mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan dan keseimbangan nutrisi,” jelas Garrett.

Produk PT Maxindo seperti singkong, ubi jalar, dan talas telah berhasil memenangkan hati konsumen di Amerika dan Eropa, yang saat ini terlah berhasil di exsport ke lebih dari 27 negara tujuan.

Selain keunggulan produknya, PT Maxindo juga memiliki komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan dukungan terhadap petani lokal. Mereka bekerja sama dengan petani Indonesia untuk mendukung pengembangan pertanian yang berkelanjutan, memastikan bahwa sumber daya alam dan lingkungan dipertahankan dengan baik.

Konsumen, di negara Eropa dan Amerika selain meminta produk yang berkualitas bagus mereka juga memperhatikan unsur dan dampak sosial , ujar Garrett. 

Selain memberikan pengalaman gastronomi yang baru dan unik, produk PT Maxindo juga mengangkat potensi pertanian Indonesia ke tingkat global, memberikan manfaat ekonomi yang luas bagi petani lokal dan negara.

Menyusul meningkatnya minat konsumen di Amerika dan Eropa untuk produk PT Maxindo, pihaknya telah merencanakan langkah selanjutnya untuk melakukan ekspansi ke negara-negara tujuan ekspor baru. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk unggulan Indonesia ke pangsa global.

Kini, lanjut Garrett, PT Maxindo siap untuk menghadapi tantangan baru dalam memperluas kehadirannya di pasar global. Melalui penelitian pasar yang cermat dan pemahaman mendalam tentang preferensi konsumen di negara-negara tujuan ekspor, PT Maxindo telah mengidentifikasi peluang yang menarik dan potensi pertumbuhan yang tinggi di luar negeri,” ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement