Jumat 09 Jun 2023 00:30 WIB

Mobil Listrik Acura ZDX Honda Hadirkan Fitur Google

Fitur menonjol dari Acura ZDX adalah versi yang disempurnakan dari Google Maps.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Acura ZDX akan menjadi kendaraan listrik pertama yang dilengkapi dengan Google built-in.
Foto: The Verge
Acura ZDX akan menjadi kendaraan listrik pertama yang dilengkapi dengan Google built-in.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sejak pamor mobil listrik terus menanjak, Honda secara aktif mengejar pengembangan kendaraan listrik (EV) dan telah membuat langkah signifikan dalam domain ini. Komitmen perusahaan terhadap mobilitas berkelanjutan terlihat jelas dalam rangkaian kendaraan listriknya, yang menampilkan teknologi inovatif dan fitur ramah lingkungan.

Pengalaman Honda dengan kendaraan listrik dapat ditelusuri sejak pengenalan Honda Clarity Electric dan Honda Fit EV. Merek performa tinggi Acura telah meluncurkan Acura ZDX. Acura ZDX akan menjadi kendaraan listrik pertama yang dilengkapi dengan Google built-in. Google Maps akan menyoroti stasiun pengisian daya di sepanjang rute di Acura ZDX.

Baca Juga

Google built-in sebenarnya jauh lebih baik daripada Android Auto tradisional, karena secara langsung mengintegrasikan Layanan Otomotif Google ke dalam sistem kendaraan. Ini tidak seperti Android Auto, yang memproyeksikan antarmuka ponsel ke layar/tampilan mobil, dan Android Automotive OS, yang mengontrol seluruh sistem operasi. Google Built-in menawarkan pengalaman lebih komprehensif dan imersif.

Salah satu fitur menonjol dari Acura ZDX adalah "versi yang disempurnakan" dari Google Maps. Sistem navigasi canggih ini mengoptimalkan perencanaan rute untuk pengemudi kendaraan listrik, menyoroti stasiun pengisian daya di sepanjang jalan untuk mengurangi waktu tempuh.

 

Selain itu, Google Maps dapat memperkirakan waktu pengisian daya yang diperlukan berdasarkan tujuan, memungkinkan pengemudi merencanakan perjalanan mereka dengan lebih efisien. Jika tujuannya adalah stasiun pengisian cepat DC, sistem dapat memulai prakondisi baterai, yaitu menaikkan suhu aki mobil untuk memfasilitasi waktu pengisian lebih cepat saat seseorang mencapai stasiun pengisian, menurut laporan Gizmochina, dikutip Kamis (8/6/2023).

Sebelumnya, Honda menggunakan perangkat lunak Android yang disematkan secara khusus di beberapa kendaraannya. Tetapi dengan Google Built-in, perusahan memanfaatkan rangkaian lengkap layanan Google.

Di Acura ZDX, pengemudi dapat mengakses aplikasi Google populer seperti Google Assistant, Google Maps, dan lainnya melalui Google Store.

Terlepas dari integrasi Google Built-in, Acura ZDX akan tetap mendukung Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto. Itu untuk memastikan kompatibilitas dengan berbagai perangkat dan preferensi pengguna. Selain itu, Honda juga mengungkapkan bahwa Acura ZDX akan menjadi model pertama yang dijual secara eksklusif secara daring, dan semakin memperkuat komitmen merek tersebut terhadap inovasi digital. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement