Kamis 27 Apr 2023 06:10 WIB

Ini Strategi Honda Rambah Pasar EV Global

Pada 2035, Honda menargetkan 100 persen listrik untuk penjualannya di China.

Logo Honda. Honda bersiap untuk pergeseran elektrifikasi di Amerika Utara dengan dua model yang dikembangkan dengan General Motors akan dijual tahun depan.
Logo Honda. Honda bersiap untuk pergeseran elektrifikasi di Amerika Utara dengan dua model yang dikembangkan dengan General Motors akan dijual tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Honda bersiap untuk pergeseran elektrifikasi di Amerika Utara dengan dua model yang dikembangkan dengan General Motors akan dijual tahun depan. Plus kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) yang lebih besar dengan platform baru pada 2025 atau setahun lebih awal dari yang diumumkan sebelumnya.

"Kami percaya bahwa nilai yang diberikan masyarakat untuk bersikap baik terhadap lingkungan hanya akan terbangun melalui momentum," kata Presiden Direktur Honda Toshihiro Mibe, Rabu (26/4/2023) saat mengumumkan serangkaian inisiatif Honda masuk dalam peta EV global seperti dilansir Japan Today.

Baca Juga

Mibe mengatakan, Honda yang berbasis di Tokyo akan terus maju dalam investasi dan kemitraan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Honda telah menetapkan tujuan untuk memiliki semua modelnya di seluruh dunia listrik atau sel bahan bakar, yang menggunakan hidrogen dan bebas emisi, pada 2040. Honda menargetkan untuk menghasilkan lebih dari dua juta EV per tahun pada 2030.

Di Jepang, di mana permintaan EV meningkat secara bertahap, EV berdasarkan model kecil N-ONE mulai dijual pada 2025. Dua model EV lagi direncanakan untuk tahun berikutnya. Di China, pasar EV terbesar di dunia, Honda Motor Co memiliki tiga model EV yang akan dijual tahun depan yakni e:NS2, e:NP2 dan sebuah konsep mobil yang diluncurkan di pameran mobil Shanghai baru-baru ini.

Pada 2027, Honda akan memperkenalkan tujuh model EV lagi di China. Pada tahun 2035, Honda menargetkan 100 persen listrik untuk penjualannya di China, mengungguli wilayah lain.

Semua pembuat mobil dunia semakin serius dengan kendaraan listrik, yang kini didominasi oleh Tesla dan BYD China. Dengan pemerintah bergerak untuk mengekang emisi dan perubahan iklim, bahkan konsumen yang sebelumnya skeptis mulai membeli EV, terutama di AS dan China, tetapi juga di beberapa bagian Eropa dan Australia.

Pertanyaan besarnya adalah apakah pabrikan Jepang, seperti Honda dan Toyota Motor Corp, akan mampu mendominasi pasar seperti yang mereka lakukan secara historis dengan kendaraan berbasis bahan bakar?

Beberapa analis mengatakan mobil tetaplah mobil dan kekayaan pengetahuan yang menyertai manufaktur mobil masih bertahan dengan era listrik baru. Yang lain mengklaim itu adalah "permainan" yang benar-benar baru, dengan banyak peluang untuk pemain baru.

Toyota EV bZ4X, yang mulai dijual tahun lalu, ditarik kembali tidak lama kemudian karena cacat pada baut hub roda yang dapat menyebabkan roda terlepas, sehingga berisiko terjadi kecelakaan. Sekitar 2.700 kendaraan ditarik kembali secara global. Tidak ada kecelakaan yang dilaporkan dan model tersebut kembali dijual. Namun, kejadian itu menjadi pengingat yang menyakitkan akan jebakan ketika menjelajah ke lahan baru dengan model andalan.

Toyota sebelumnya menggunakan mobil hybrid, yang beralih bolak-balik antara mesin gas dan motor listrik, serta sel bahan bakar yang menggunakan hidrogen. Presiden Toyota Koji Sato, yang mulai menjabat bulan ini, mengakui Toyota tertinggal dalam penjualan EV di seluruh dunia. Kelemahan utama proliferasi EV adalah baterainya yang berat, menjadi tantangan dalam pengembangan mobil.

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat baterai, seperti tanah jarang, harganya mahal. Menurut Mibe, Honda berencana memanfaatkan kemitraan strategisnya dengan Hanwa Co, sebuah perusahaan perdagangan Jepang, untuk memastikan pengadaan nikel, kobalt, dan lithium yang stabil untuk baterai.

Di Amerika Utara, Honda akan menggunakan baterai dari General Motors dan perusahaan patungan dengan LG Energy Solution Korea Selatan. Honda akan membuat model listrik di AS di tiga pabriknya di Ohio, termasuk pabrik Marysville. Di bawah Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS, yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden tahun lalu, agar memenuhi syarat untuk kredit pajak penuh, EV harus dirakit di Amerika Utara, dan persentase tertentu dari komponen baterai dan mineralnya harus berasal dari Amerika Utara atau mitra perdagangan bebas AS.

"Honda juga sedang mengembangkan baterai solid-state untuk kendaraan listrik," kata Mibe.

EV sekarang sebagian besar dijalankan dengan baterai lithium-ion. Platform Honda 2025 disebut "arsitektur E&E", untuk "listrik dan elektronik", mengacu pada perangkat lunak, konektivitas, dan layanan yang berfungsi saat mengemudi dan diperbarui dari waktu ke waktu. Pembuat mobil akan bersaing di area ini. Mibe mengatakan Honda telah menangani kekurangan cip komputer baru-baru ini akibat pandemi dan memukul semua pembuat mobil.

Honda telah mencapai kesepakatan dasar dengan TSMC dari Taiwan, pembuat semikonduktor terbesar di dunia, untuk mencegah kekurangan tersebut di masa mendatang. "Kami berharap dapat memimpin dunia dalam manufaktur ekologis," kata Mibe.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement