Kamis 08 Jun 2023 06:42 WIB

Kemenhub Komitmen Rampungkan 29 PSN Transportasi Hingga 2024

PSN transportasi terdiri dari infrastruktur bandara, pelabuhan, dan kereta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) didampingi Gubernur Bali Wayan Koster (kiri) meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) didampingi Gubernur Bali Wayan Koster (kiri) meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Kementerian Perhubungan berkomitmen menyelesaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di sektor transportasi. Hingga tahun 2024, ditargetkan dapat menyelesaikan 29 proyek pembangunan yang terdiri dari infrastruktur bandara, pelabuhan dan kereta api.

 "PSN ini adalah proyek jangka panjang, yang masing-masing proyeknya memiliki target waktu penyelesaian yang berbeda-beda. Ada yang ditargetkan selesai di tahun 2023 atau 2024, bahkan ada yang melebihi tahun 2024," demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga

 Menhub mengatakan, dalam perjalanannya PSN yang ditetapkan pemerintah sangat dinamis dan mengalami beberapa perubahan. “Sejak pertama kali ditetapkan pada tahun 2016 hingga kini, telah mengalami tiga kali perubahan,” ujar Menhub.

 Lebih lanjut Menhub menjelaskan, pembangunan PSN di sektor transportasi merujuk pada Perpres No. 109 Tahun 2020 dan Permenko Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional, dimana  terdapat sebanyak 36 PSN di sektor transportasi dengan target waktu penyelesaian yang berbeda-beda.

 

 “Dari 36 PSN, ada sebanyak 20 proyek yang diselesaikan hingga tahun 2023. Kemudian, ada 9 (Sembilan) proyek yang targetnya selesai pada tahun 2024, serta ada 7 (tujuh) proyek yang target selesainya setelah tahun 2024. Karena memang sejatinya pembangunan infrastruktur dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan antar masa pemerintahan,” tuturnya.

 Menhub optimistis, sejumah PSN dapat diselesaikan pada 2023 s.d 2024, karena sebagian besar proyek pembangunannya sudah berjalan dan hampir rampung, diantaranya yaitu: LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta – Bandung.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement