Selasa 06 Jun 2023 14:44 WIB

Erick Pastikan Borobudur Menjadi Destinasi Heritage dan Spiritual Melalui InJourney

InJourney secara terus menerus melakukan penataan ulang Candi Borobudur.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Festival Lampion Waisak 2567 BE di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Ahad (4/6/2023). Festival lampion ini merupakan acara penutupan perayaan Hari Waisak 2567 BE dan terbuka untuk umum dengan membeli tiket. Sebanyak 2567 lampion akan diterbangkan secara bersama-sama usai berdoa bersama banthe. Penerbangan lampion dilakukan dua sesi oleh 4 ribuan pembeli tiket.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Festival Lampion Waisak 2567 BE di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Ahad (4/6/2023). Festival lampion ini merupakan acara penutupan perayaan Hari Waisak 2567 BE dan terbuka untuk umum dengan membeli tiket. Sebanyak 2567 lampion akan diterbangkan secara bersama-sama usai berdoa bersama banthe. Penerbangan lampion dilakukan dua sesi oleh 4 ribuan pembeli tiket.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, akan terus terjaga dari aspek wisata maupun nilai spiritualnya. Melalui PT Aviasi Pariwisata (Persero) atau InJourney, Borobudur akan menjadi destinasi pariwisata spiritual kelas dunia. 

“Kami BUMN terus memastikan aset-aset yang dikelola oleh BUMN ini bermanfaat, termasuk Candi Borobudur. Kita ingin menjaga keseimbangan sebagai wisata, tapi yang paling penting adalah spiritualnya," ujar Erick saat menghadiri pelepasan lampion pada Festival Purnama di rangkaian perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Ahad (4/6/2023) lalu.

Baca Juga

Erick menyebutkan, agar ekosistem dapat dikelola dengan baik, salah satunya melalui BUMN holding Pariwisata dan Pendukungnya, InJourney. “Saya benar-benar ingin memastikan asset-aset BUMN punya value yang baik. Bagaimana waktu itu kita bentuk InJourney untuk memastikan ini menjadi ekosistem pariwisata yang baik,” kata Erick. 

photo
Peserta menerbangkan lampion saat Festival Lampion Waisak 2567 BE di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Ahad (4/6/2023). Festival lampion ini merupakan acara penutupan perayaan Hari Waisak 2567 BE dan terbuka untuk umum dengan membeli tiket. Sebanyak 2567 lampion akan diterbangkan secara bersama-sama seusai berdoa bersama banthe. Penerbangan lampion dilakukan dua sesi oleh sekitar 4.000 pembeli tiket. - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, InJourney secara terus-menerus melakukan penataan ulang Candi Borobudur dengan melakukan berbagai terobosan menyiapkan Borobudur sebagai destinasi wisata spiritual. Penyusunan masterplan yang menyeluruh juga tengah dilakukan oleh InJourney dengan empat prioritas utama. 

"Pertama, yaitu menjadikan Candi Borobudur sebagai kawasan konservasi. Kedua, mengembalikan fungsi Candi Borobudur sebagai salah satu pusat tujuan wisata spiritual. Ketiga, menjadikan Candi Borobudur sebagai sarana edukasi warisan budaya dan yang terakhir adalah menjadi penggerak kegiatan ekonomi bagi masyarakat di kawasan sekitar Candi Borobudur," ujar Dony.

Dony mengatakan, sejumlah hasil upaya InJourney tersebut di antaranya terbukti dengan lancar dan khusyuknya prosesi perayaan Waisak yang dipusatkan di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dony mengatakan, perayaan tahun ini menjadi momentum menyatukan semangat kolaborasi seluruh stakeholder dan elemen masyarakat dalam mendorong Candi Borobudur menjadi destinasi spiritual umat Buddha seluruh dunia.

Dony memaparkan perayaan ini terselenggara berkat kerja sama dan dukungan berbagai pihak. Yakni Kementerian BUMN, anak usaha InJourney, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Magelang.

"Ini merupakan pertama kali kolaborasi yang sangat signifikan. Kita harapkan ke depannya kerja sama antara kami dengan saudara-saudara umat Buddha semakin erat dan kita harapkan di tahun-tahun mendatang lebih maksimal lagi," ujar Dony. 

InJourney bersama anak usahanya TWC, Dony melanjutkan, membantu seluruh kebutuhan yang diperlukan demi kelancaran dan keberhasilan perayaan puncak Waisak tahun ini. Salah satunya dengan diberlakukan sistem zonasi atau pemetaan kawasan bagi wisatawan.

Pemetaan ini melingkupi kepentingan konservasi, spiritual, edukasi dan komersial. Dengan pembagian zona tersebut, umat Buddha yang beribadah bisa khusyuk dan masyarakat bisa menikmati wisata di Candi Borobudur tanpa mengganggu yang beribadah. Sehingga, semua aktivitas di dalam kawasan Candi Borobudur dapa berlangsung dengan seimbang. 

"Kami banyak sekali melakukan pertemuan dengan saudara-saudara umat Buddha, bagaimana kita menjadikan Borobudur tidak hanya sebagai satu warisan budaya tentunya, tapi kami juga menginginkan ada soul di dalam Candi Borobudur," kata Dony.

Selain itu, Dony menyampaikan, InJourney dengan dukungan Kementerian BUMN serta stakeholders turut mendukung terimplementasikannya sistem single authority management. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden yang ter-update dalam rapat terbatas tentang pariwisata Borobudur pada 14 Juni 2022 lalu untuk mewujudkan pengelolaan yang terintegrasi di Kawasan Cagar Budaya. 

“Ke depan, kami akan mengimplentasikan single authority management agar ke depannya dapat mewujudkan Kawasan Cagar Budaya Candi Borobudur dan Kawasan Cagar Budaya Candi Prambanan dengan mengembangkan unsur-unsur konservasi, spiritual, edukasi, dan ekonomi pariwisata di Indonesia," kata Dony.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement